androidvodic.com

Firli Bahuri Tersangka Kasus Pemerasan, KPK Sampaikan Permintaan Maaf - News

News - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi akhir-akhir ini.

Di mana Ketua KPK, Firli Bahuri, ditetapkan sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), Rabu (22/11/2023).

Pernyataan maaf itu disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron.

Ia meminta maaf kepada segenap bangsa Indonesia atas kejadian ini.

Baca juga: Hari Ini, Polisi Tentukan Nasib Firli Bahuri Setelah Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Pemerasan

Ditetapkannya Firli Bahuri menjadi tersangka kasus pemerasan, sambungnya, hampir mengikis harapan masyarakat kepada KPK sebagai garda pemberantasan korupsi.

"Saya sebagai salah satu dari pimpinan turut bertanggung jawab dan karenanya meminta maaf kepada segenap bangsa Indonesia atas peristiwa tersebut yang telah menimbulkan kegaduhan dan hampir mengikis harapan pada KPK untuk menjadi garda pemberantas korupsi," ujar Ghufron dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Meski begitu, Ghufron memastikan KPK akan tetap bekerja dengan maksimal meski sedang diterpa kabar yang tidak mengenakkan.

Ini setidaknya ditunjukkan KPK dengan menangkap 11 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Giat tangkap tangan ini dilakukan di tengah hiruk-pikuk peristiwa yang terjadi di KPK."

"Hal ini menunjukkan bahwa insan KPK tetap bekerja dan KPK masih terdepan dalam memberantas korupsi seperti biasa dan tidak terganggu dengan hiruk-pikuk yang terjadi pada KPK tersebut," tuturnya.

Penetapan tersangka terhadap Firli dan hiruk pikuk yang terjadi saat ini, sebut Ghufron, menjadi pelajaran dan evaluasi KPK secara internal dan eksternal.

Ketua KPK Firli Bahuri saat memimpin jumpa pers OTT Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso, Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/11/2023).
Ketua KPK Firli Bahuri saat memimpin jumpa pers OTT Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso, Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (News/Ilham)

KPK berkomitmen berbenah diri, sambungnya, dan menerima saran serta masukan dari masyarakat.

"Kami berharap masyarakat tetap mendukung secara konstruktif, jika benar mohon didukung, jika salah mohon dikritik untuk kebaikan, terhadap KPK dalam perjuangan memberantas korupsi."

"KPK adalah milik rakyat dan negara Indonesia, harapan itu masih ada dan akan terus ada dan membesar jika bersama bergandengan untuk memelihara dan merawat harapan Indonesia adil, makmur, bebas dari korupsi," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat