androidvodic.com

VIDEO KSAD Jenderal Maruli Dapat Arahan Langsung dari Panglima TNI Soal Penyiapan Pasukan - News

News, JAKARTA - Serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dari Jenderal Agus Subianto kepada Jenderal Maruli Simanjuntak,

Jenderal Maruli Simanjuntak menerima Panji Kartika Eka Paksi dari Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) KSAD di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta pada Jumat (1/12/2023).

Sehingga mulai hari ini Maruli telah resmi menjalankan tugasnya sebagai KSAD.

Jenderal Maruli Simanjuntak mendapat arahan langsung dari Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto terkait tugas-tugas pokoknya sebagai KSAD.

Arahan tersebut diantaranya terkait pasukan dan cara-cara membantu masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya usai Upacara Serah Terima Jabatan KSAD di Mabesad Jakarta pada Jumat (1/12/2023).

"Ya kita banyak evaluasi tentang penugasan, penyiapan pasukan, dan tentang bagaimana cara-cara kita membantu masyarakat dan lain sebagainya," kata dia.

Maruli mengatakan Agus adalah sosok yang mengetahui seluk beluk jajaran TNI AD mengingat pengalamannya baik sebagai Wakil KSAD maupun sebagai KSAD.

Ia berharap dapat melanjutkan tugas-tugas sebagai KSAD minimal sebaik yang telah dilakukan oleh Agus.

"Saya sudah beberapa hari mendapatkan arahan dari beliau mudah-mudahan saya bisa melanjutkan minimal bisa sebaik seperti beliau saat melaksanakn tugas," kata Maruli.

Dilantik Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  melantik Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023) lalu.

Sebelumnya Maruli menjabat sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad).

Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Usai pengucapan sumpah jabatan, Presiden Jokowi dan Maruli menandatangani berita acara pelantikan KSAD disaksikan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Maruli dilantik menggantikan pendahulunya Jenderal TNI Agus Subiyanto yang dilantik menjadi Panglima TNI pada pekan lalu. Dengan pelantikan ini, Maruli memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat dari Letnan Jenderal TNI menjadi Jenderal TNI.

Tampak hadir dalam acara pelantikan tersebut antara lain, Kepala Staf Angkatan Laut Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Mendagri Tito Karnavian, Menkoplhukam Mahfud Md, Menseskab Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, dan Ketua Wantimpres Wiranto.

Selain itu hadir pula Wakil Ketua MPR Yandri Susanto, Syarif Hasan, dan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid.(News/Gita Irawan)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat