androidvodic.com

Jenderal Agus Sebut Sosok Doni Monardo Punya Peran Penting hingga Dirinya Jadi Panglima TNI - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengenang sosok mantan Kepala BNPB, Doni Monardo selama bertugas sebagai prajurit TNI.

Agus mengatakan Doni merupakan sosok yang mempunyai andil dan peran penting dalam karirnya hingga menjadi Panglima TNI.

"Beliau sosok prajurit yang jadi panutan adik-adiknya (di TNI)," kata Agus usai pemakaman di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023).

Agus menyebut dirinya pernah bertugas bersama-sama dengan Doni Monardo salah satunya dalam Operasi Seroja di Timor-Timor pada 1995 saat Agus berpangkat Letnan Dua.

"Beliau mengantar keberhasilan saya sehingga saya bisa seperti ini (menjadi Panglima TNI)" jelasnya.

Di sisi lain, dalam penanganan Covid-19 yang menyerang Indonesia, sosok Doni Monardo juga mempunyai integritas yang tinggi sehingga berhasil dalam penanggulangannya.

"Beliau smart. Beliau jadi panutan adik-adik dan kalau kerja fokus. Sehingga setiap kegiatan ada target dan berhasil," tuturnya.

Diketahui, Doni Monardo menghembuskan nafas terakhirnya di RS Siloam Jakarta Selatan pada Pukul 17.32 WIB Minggu (3/12/2023) setelah menjalani perawatan intensif sejak 17 September 2023 lalu.

Setelah itu, dibawa pulang ke rumah duka di kawasan Serpong, Tangerang Selatan untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan pada Senin (4/12/2023).

Sebelum itu, jenazah disemayamkan terlebih dahulu di Mako Kopassus, Jakarta Timur untuk upacara pelepasan sekitar pukul 08.00 WIB setelah dibawa dari rumah duka di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Terlihat, sejumlah pejabat turut hadir mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto hingga KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Di sana, seluru pejabat menyolatkan almarhum Doni. Terlihat Prabowo Subianto menyolatkan di saf pertama di samping Wiranto

Setelah itu, jenazah dibawa ke TMP Kalibata untuk di makamkan. Jenazah terpantau tiba sekira pukul 11.00 WIB.

Turut hadir Mantan Panglima TNI Laksamana TNI (purn) Yudo Margono beserta sang istri AKBP Veronica Yulis Prihayati tiba di TMP Kalibata.

Selanjutnya, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Arif Rahman dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian. 

Kemudian, hadir pula Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, Menko PMK Muhajir Effendy hingga Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (purn) Dudung Abdurahman.

Baca juga: Profil Doni Monardo: Purnawirawan Jenderal Bintang Tiga TNI AD yang Berpulang di Usia 60 Tahun

Lalu, Kemudian nampak hadir pula Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno dan Wakil Presiden RI ke-11 Boediono, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat