androidvodic.com

Mensos Tri Rismaharini Sebut Doni Monardo Layak Jadi Pahlawan Nasional - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengenang Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Amarhum Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo, sebagai sosok yang baik.

Risma mengaku sudah kenal lama dengan Doni Monardo.

"Saya punya kesaksian untuk Pk Doni beliau orang yang sangat baik sekali. Beliau terbukti tidak pernah membeda-bedakan siapa kita dan siapa dia," kata Risma di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/13/2023).

Doni Monardo, kata Risma, merupakan sosok yang ringan tangan banyak membantu saat dirinya menjadi Wali Kota Surabaya.

Kala itu pandemi Covid-19 tengah menghantam Indonesia.

"Saat itu banyak sekali dibantu oleh Pak Doni. Bahkan saya sering komunikasi soal daya dan sebagainya. Bukan hanya APD tapi beliau juga membantu, saat kami tidak punya alat untuk PCR, beliau kirim dan kemudian kami lakukan dan juga saat tertentu, saya konsultasi ke beliau," ucapnya.

Baca juga: Panglima TNI Pimpin Upacara Pemakaman Doni Monardo di TMP Kalibata

Dengan jasa-jasa Doni Monardo semasa hidupnya, Risma mengatakan almarhum layak ditetapkan sebagai pahlawan nasional atas dedikasinya kepada negara ini.

"Layak jadi pahlawan nasional, Pak Doni sangat rendah hati. Dedikasinya bisa dirasakan," ucapnya.

Doni Monardo menghembuskan nafas terakhirnya di RS Siloam Jakarta Selatan pada pukul 17.32 WIB Minggu (3/12/2023) setelah menjalani perawatan intensif sejak 17 September 2023 lalu.

Setelah itu jenazah dibawa pulang ke rumah duka di kawasan Serpong, Tangerang Selatan untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan pada Senin (4/12/2023).

Sebelum itu, jenazah disemayamkan terlebih dahulu di Mako Kopassus, Jakarta Timur untuk upacara pelepasan sekitar pukul 08.00 WIB.

Terlihat sejumlah pejabat turut hadir mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto hingga KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Di sana seluruh pejabat menyolatkan almarhum Doni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat