androidvodic.com

BPBD Tanah Datar Bantah Ada Lahar Panas Marapi Mengalir, Bupati Imbau Warga Tak Sebarkan Hoaks - News

News - Bupati Tanah Datar, Eka Putra, langsung merespons video yang menyebut adanya lahar panas Marapi mengalir ke wilayahnya.

Video yang tampak seperti semburan lahar turun dari gunung ini, beredar di WhatsApp dan media sosial lainnya pada Rabu (6/12/2023) malam.

Berdasarkan penelusuran News di TikTok, ketika menuliskan kata 'lahar Marapi' langsung muncul sejumlah video.

Merespons hal tersebut, Bupati Tanah Datar langsung menghubungi Kepala Satgas Bencana Alam Provinsi Sumatera Barat, Teguh.

Teguh pun menjelaskan, video yang menyebut lahar panas di Marapi itu tidak benar.

"Ini beredar di grup wa Tanah Datar ada kayak lahar panas yang turun dari Gunung Marapi, itu Gunung Marapi kita atau Gunung Marapi mana?" tanya Eka putra, dalam video yang diunggah di akun resmi pribadinya, @eka.putra.official.

"Baik saya coba jelaskan dikit jadi kalau lahar panas ada mekanisme yang harus dipenuhi pertama kalau satu gunung ada kawah di kawah itu ada danau, gunung itu meletus. Nah air danau yang dimuntahkan oleh satu gunung api itu namanya lahar panas."

"Akan tetapi, di Gunung Marapi kita ini danau kawahnya itu tidak memiliki danau atau tidak memiliki air meskipun meletus nggak ada lahar ke bawah, kecuali endapan material abu batuan atau tanah yang diendapkan di suatu sungai kemudian terjadi curah hujan tinggi melebihi kapasitas sungai itu dimungkinkan terjadi lahar. Nah lahar yang terjadi di suatu sungai namanya lahar dingin atau lahar hujan," jelas Teguh.

Baca juga: Ketegaran Hati Maswardi Melepas Anak Bungsunya yang Jadi Korban Tewas Erupsi Gunung Marapi: Bersih

Bupati Tanah Datar pun mengimbau warga untuk tidak terpengaruh isu ataupun hoaks (berita bohong) yang beredar mengenai erupsi Gunung Marapi.

Hal senada juga disampaikan Kalaksa BPBD Tanah Datar, Yusnen.

Yusnen mengatakan, pihaknya sudah memastikan tidak ada lahar panas yang turun dari puncak Gunung Marapi.

"Tidak ada lahar panas, semalam juga sudah dicek juga oleh Pak Bupati," kata Yusnen, Kamis (7/12/2023), dilansir TribunPadang.com.

Menurut Yusnen, video penampakan lahar panas ini merupakan video kebakaran hutan di Gunung Salasih Bandung pada 2017 yang lalu.

"Kalau lahar ini tidak ada, kalau pijar itu penjelasan PVMBG hal yang biasa," katanya.

Diketahui, terdapat dua video yang beredar terkait gunung Marapi pada Rabu (6/12/2023) malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat