androidvodic.com

Mengenal Sosok Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Pernah Raih Penghargaan MURI Gowes 508 Km - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Brigjen Pol Aan Suhanan resmi dilantik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, menggantikan Irjen Pol Firman Shantyabudi yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan sebagai Kakorlantas teruang pada Surat Karobinkar SSDM Polri Nomor: B/ND-500/XII/KEP./2023/Robinkar tanggal 12 Desember 2023 hal pelaksanaan serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri dan para Kapolda serta pelantikan Kakorlantas Polri.

Baca juga: Profil Brigjen Aan Suhanan, Plh Kakorlantas Polri Pengganti Irjen Firman Shantyabudi

Serah terima jabatan pelantikan dan sertijab ini berlangsung di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2023).

Sebelum didapuk sebagai Kakorlantas Polri, Brigjen Pol Aan menduduki jabatan Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri.

Sosok Aan Suhanan

Pria kelahiran Kuningan Jawa Barat pada 31 Januari 1967 ini memiliki hobi bersepeda.

Dari hobinya tersebut Aan yang tergabung dalam Tim Gowes Presisi Khatulistiwa pernah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), karena berhasil bersepeda menempuh jarak 508 kilometer dalam waktu 24 jam dengan rute Jakarta - Semarang.

Aan yang gemar gowes ini merupakan Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 B.

Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1997, tahun 2002 di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim) Polri dan lulus dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhamnas) pada 2014.

Sejumlah jabatan strategis di Korps Bhayangkara juga pernah didudukinya.

Baca juga: Rekam Jejak Brigjen Aan Suhanan, Resmi Jadi Kakorlantas Polri Baru, Naik Pangkat Jadi Irjen

Pada 2007 Brigjen Pol Aan ditunjuk menjadi Kapolres Pekalongan, kemudian sebagai Kapolres Sukoharjo pada 2008.

Aan mengemban tugas sebagai Wakapolres Metro Jakarta Barat pada 2009 kemudian Dirsabhara Polda Kalteng pada 2011, Kabagren Waketbidminwa STIK Lemdiklat Polri 2013, Analis Kebijakan Madya Bidang STIK Lemdikpol pada 2014.

Kemudian pada 2015 sebagai Dirpamobvit Polda Metro Jaya, tahun 2016 dirinya diangkat menjadi Irbid Itwil I Itwasum Polri.

Pada tahun yang sama ia dipercaya menduduki posisi Wakapolda Banten.

Simak rekam jejak Brigjen Aan Suhanan, resmi diangkat menjadi Kakorlantas Polri yang baru, Kamis (7/12/2023), menggantikan Irjen Firman Shantyabudi. Dengan begitu, Aan naik pangkat dari Brigjen menjadi Irjen.
Simak rekam jejak Brigjen Aan Suhanan, resmi diangkat menjadi Kakorlantas Polri yang baru, Kamis (7/12/2023), menggantikan Irjen Firman Shantyabudi. Dengan begitu, Aan naik pangkat dari Brigjen menjadi Irjen. (Instagram @aan.suhanan67)

Kemudian menjabat Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri pada 2017, Kabagprogar Rojianstra SOPS Polri dan Dirsamapta Korshabara Baharkam Polri pada 2020, serta Dirgakkum Korlantas Polri tahun 2021.

Saat menjabat Dirgakkum Korlantas Polri, Aan berhasil membantu menyukseskan event-event nasional dan internasional seperti KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo, dan KTT AIS di Bali tahun 2023 sebagai Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pengamanan dan Pengawalan Rute Lalu Lintas dan Parkir (Pamwalrolakir).

Lalu Kasatgas keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (kamseltibcarlantas) Operasi Ketupat 2023.

Aan dikenal sebagai pribadi yang hangat dan dekat dengan keluarga.

Hal tersebut terlihat dari laman instagram-nya yang membagikan beberapa moment kebersamaan dengan keluarga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat