androidvodic.com

Promosi 183 Perwira TNI: Dankodiklat, Pangdam Diponegoro, Pangdam Hasanudin hingga Kapuspen Berganti - News

News, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Jenderal Agus Subiyanto mutasi jabatan strategis di lingkungan TNI guna mengoptimalkan Tugas Pokok TNI.

Sebanyak 183 perwira tinggi TNI mendapatkan mutasi, rotasi dan promosi jabatan.

Ini adalah mutasi kedua yang dilakukan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto sejak dilantik pada 22 November 2023.

Dalam mutasi yang tertuang di Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1470/XII/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima Agus tertanggal 18 Desember 2023, ada sejumlah nama yang mendapatkan promosi.

Diantaranya adalah posisi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI yang sebelumnya dijabat Letjen Eko Margiyono, berganti kepada Laksdya Maman Firmansyah. 

Letjen Eko Margiyono diamanatkan mnjabat Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), bertukar posisi dengan Maman Firmansyah.

Kemudian, Mayjen Widi Prasetijono ditunjuk menjadi Dankodiklat TNI AD (Dankodiklatad). Widi akan meninggalkan jabatannya sebagai Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro.

Selanjutnya, jabatan Pangdam IV/Diponegoro akan diisi oleh Mayjen Tandyo Budi Revita yang sebelumnya menjabat Kabadiklat Kementerian Pertahanan.

Mayjen Bobby Rinal Makmun berganti posisi dari Komandan Secapa TNI AD (Dansecapaad) menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin.

Sedangkan Mayjen Totok Imam yang sebelumnya menjadi Pangdam XIV/Hasanuddin menjadi Direktur Pascasarjana Unhan Adapun posisi Dansecapaad selanjutnya akan diisi oleh Brigjen Niko Fahrizal yang sebelumnya Kepala Staf Kodam V/Brawijaya.

Sementara itu, TNI juga akan mempunyai Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen) yang baru.

Kapuspen TNI saat ini, Laksda Julius Widjojono bakal menjadi Staf Khusus KSAL.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono saat konferensi pers terkait kasus prajurit TNI yang mendatangi Mapolrestabes Medan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (10/8/2023). Warta Kota/YULIANTO
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono saat konferensi pers terkait kasus prajurit TNI yang mendatangi Mapolrestabes Medan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (10/8/2023). Warta Kota/YULIANTO (WARTA KOTA/WARTA KOTA/YULIATO)

Penggantinya adalah Brigjen R Nugraha Gumiliar yang sebelumnya Perwira Staf Ahli KSAD Bidang Keamanan dan Teror.

Untuk Posisi Komandan Satuan Siber (Dansatsiber) TNI juga berganti dari Laksma Agus Rustandi ke Brigjen Ari Yulianto.

Agus Rustandi akan menjadi Staf Khusus KSAL. Sementara itu, Ari Yulianto sebelumnya menjabat Asisten Operasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat