androidvodic.com

Tinjau Ibadah Misa Natal di Gereja Katedral, Kapolri: Kami Semua Siap Laksanakan Pengamanan - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung jalannya Misa Natal 2023 di Gereja Katedral Jakarta pada Minggu (24/12/2023) sore.

Tak sendiri, tampak Kapolri juga hadir di Gereja Katedral Jakarta bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki serta Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Bambang Ismawan.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang Terus Berdatangan ke Stasiun Gambir

Berdasarkan pantauan News, Kapolri, Menko PMK, Wamenag serta Kasum TNI hadir di Gereja Katedral Jakarta sekitar pukul 16.37 WIB.

Mereka pun tampak langsung memasuki ruang utama gereja dan disambut oleh Romo Hani Rudi Hartoko selaku pemimpim jemaat Gereja Katedral Jakarta.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit berpesan beberapa hal kepada para jemaat salah satunya perihal kesiapan pihaknya bersama TNI untuk menjaga keamanan perayaan Natal 2023.

Baca juga: Polrestabes Surabaya Libatkan Densus 88 dalam Pemantauan Malam Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Sigit menjelaskan, bahwa komitmennya untuk menjaga keamanan jalannya Natal untuk mengawal kebebasan beribadah lantaran hal itu merupakan hak yang dijamin konstitusional.

"Kami semua siap melaksanakan kegiatan pengamanan dimana pengamanan yang dilaksanakan sebagai bentuk menjaga dan mengawal bahwa kebebasan beribadah, kebebasan untuk memilih ibadah masing-masing menjadi hak konsititusional hak asasi manusia yang harus dijaga di Republik Indonesia (RI)," jelas Sigit dalam sambutannya.

Selain itu, dalam pengamanan tersebut, Sigit juga mengatakan bahwa hal itu tak hanya dilakukan oleh TNI-Polri melainkan juga ormas-ormas dari agama lainnya.

Hal tersebut kata Sigit merupakan wujud toleransi terkait keberagaman yang selama ini dimiliki oleh masyarakat tanah air.

"Tentunya ini adalah kekuatan kita untuk menjaga keberagaman yang ada sehingga menjadi satu kekuatan yang kita sinergikan untuk mewujudkan cita-cita menuju Indonesia Maju," ucapnya.

Adapun berdasarkan informasi terhimpun, Misa pertama di Gereja Katedral sendiri digelar sekitar pukul 16.30 WIB.

Kemudian akan dilanjutkan kembali pada pukul 19.00 WIB dan pukul 21.30 WIB.

Baca juga: Tak Lagi Gubernur Jateng, Capres Ganjar Pranowo Pantau Kesiapan Natal di Gereja Solo

Berikut adalah jadwal lengkap Ibadah Malam Misa Natal 2023 di Gereja Katedral Jakarta;

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat