androidvodic.com

Gotong-Royong Kemanusiaan, Baznas dan UNVR Kolaborasi Salurkan Bantuan Rp 3 Miliar - News

Hasiolan EP/News

News, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menerima bantuan sebesar Rp 3 miliar untuk disalurkan dalam penanganan konflik dan gerakan kemanusiaan.

Bantuan itu datang dari sektor privat, dalam hal ini Unilever Indonesia (UNVR), sebagai wujud kolaborasi dan gotong royong kemanusiaan.

Dukungan itu diserahkan secara simbolis di Gedung BAZNAS, Jakarta, Rabu (27/12/2023)..

Serah terima bantuan kemanusiaan ini turut disaksikan langsung para pemangku kepentingan yakni Ketua BAZNAS, Prof KH Noor Achmad MA, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Dirzawa) Kementerian Agama, Prof Dr Waryono Abdul Ghafur, Komisaris Independen UNVR, Alissa Wahid, serta Direktur dan Sekretaris Perusahaan UNVR, Nurdiana Darus.

Bagi BAZNAS, kemitraan yang sudah terjalin lama antara BAZNAS dan UNVR menunjukkan hasil konkrit dalam upaya membantu para korban konflik.

Serah terima donasi kemanusiaan ini mencerminkan kesadaran bersama bahwa kolaborasi antara sektor publik dan swasta memiliki peran vital dalam menanggapi isu-isu sosial yang kompleks.

Mewakili Menteri Agama Republik Indonesia, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Dirzawa) Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. Abdul Ghafur dalam sambutannya mengatakan, perlu kekuatan bersama dan berkelanjutan untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di area konflik. Kami atas nama Kementerian Agama menyambut gembira dan mengapresiasi yang dilakukan UNVR. Semoga konstribusi sosial ini dapat bermanfaat,” kata dia dikutip dari Kontan, Kamis (28/12/2023).

Ketua BAZNAS, Prof KH Noor Achmad MA, menyatakan pihaknya menyambut baik bantuan dari UNVR.

Sebagai lembaga amil zakat yang diberikan kepercayaan sebagai perpanjangan tangan berbagai pihak s Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional, BAZNAS terus berkoordinasi dengan berbagai lembaga untuk menyalurkan bantuan melalui jaringannya yang meliputi 463 cabang di tingkat kabupaten/kota, 34 provinsi, 28 lembaga amil zakat nasional, dan 23 lembaga zakat internasional.

Hal ini memastikan bantuan mencapai langsung mereka yang membutuhkan di berbagai wilayah.

"Secara tulus kami mengapresiasi kemitraan yang sudah berlangsung lama dan terus berkesinambungan di antara kedua belah pihak. Kolaborasi menjadi elemen krusial dalam upaya kolektif untuk mengatasi berbagai isu sosial. Kontribusi berkelanjutan dari entitas swasta, seperti Unilever Indonesia, memainkan peran kunci dalam perjalanan mewujudkan perdamaian dan keadilan, terutama di wilayah yang tengah dilanda konflik," katanya.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan UNVR, Nurdiana Darus, menyampaikan, wujud keprihatinan terus pihaknya lakukan dalam berbagai bentuk untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

"Kali ini bersama BAZNAS menyalurkan donasi senilai Rp. 3 miliar. Tentunya doa kami tiada henti menyertai mereka yang terdampak di masa yang luar biasa sulit ini,” kata dia.

Sebagai penutup, Kiai Noor menyampaikan harapan yang besar bagi seluruh pemangku kepentingan,

“Sumbangan yang tiada henti dari para donatur semoga dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang terdampak konflik. Dengan penuh harapan, yakinlah bahwa kontribusi yang diberikan akan menciptakan dampak positif yang berarti, memberikan kesejahteraan dan meningkatkan kondisi kemanusiaan bagi para korban,” katanya. (oln/kntn/*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat