androidvodic.com

Diduga Sebarkan Hoaks Le Minerale Terafiliasi Israel, Husin Shihab Sudah Sering Diserang Netizen - News

News, JAKARTA - Berita hoaks yang menuding beberapa produk terafiliasi dengan Israel masih terus beredar di media sosial. Salah satunya adalah produk nasional Le Minerale

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) sebelumnya telah menegaskan bahwa tudingan produk air minum dalam kemasan (AMDK) milik perusahaan nasional dengan merek ‘Le Minerale’ terafiliasi Israel adalah informasi hoaks

Meski pihak Kemkominfo sudah mengeluarkan pernyataan tegas seputar hoaks tersebut, isu ini masih ramai diperbincangkan oleh netizen di media sosial akibat informasi yang disebarkan oleh Husin Shihab. 

Tak sedikit netizen yang merasa geram dengan Husin Shihab atas aksinya tersebut, seperti terlihat dari video unggahan akun TikTok @kontenputri, yang mengatakan bahwa Husin Shihab memang sering menyebarkan berita hoaks

"Husin Shihab terbukti sering sebar hoax! Ini dia orangnya. Ternyata orang ini memiliki reputasi sebar hoax di mana-mana," tulis akun tersebut dalam keterangan video, dilansir pada Jumat, (29/12/2023).

Dalam video berdurasi 53 detik itu juga disertakan beberapa tangkapan layar media yang memberitakan Husin Shihab secara negatif, atau bisa disebut jejak digital. 

Misalnya pada 13 April 2022 lalu, salah satu portal berita mengangkat isu soal Netizen yang menyerukan pihak berwajib untuk menangkapnya karena sering menyebarkan berita hoaks. Kemudian pada 14 April 2022 lalu, media juga sempat memberitakan bahwa hashtag ‘tangkap Husin Shihab’ menjadi trending di media sosial Twitter/X. 

Cuitan Husin Shihab yang ternyata hoaks

Informasi hoaks yang mengatakan Le Minerale adalah produk asing dan juga terafiliasi dengan Israel awalnya disebar di media sosial Twitter/X .Salah satu influencer sosial media yang menyebarkan informasi hoaks ini adalah Husin Alwi dengan username @HusinShihab.

Sosok yang juga Ketua Cyber Indonesia ini mengawalinya dengan pertanyaan tentang gerakan boikot pada salah satu produk AMDK. Dia pun kembali mencuit bahwa produk AMDK lain punya hubungan dengan Israel, tetapi tidak diboikot oleh masyarakat. 

“Le Minerale nggak? Dagelan kompetitor ini mah!” cuit Husin di akun Twitter/X pribadinya, tercatat pada 14 November 2023 lalu. 

Informasi yang tidak benar ini pun secara mentah-mentah diberitakan oleh beberapa media pemberitaan online tanpa adanya klarifikasi dari pihak perusahaan. 

Bersamaan dengan pihak Kemkominfo, pihak Le Minerale yakni PT Tirta Fresindo Jaya juga sudah mengeluarkan bantahan terhadap disinformasi atau hoaks yang sengaja disebarluaskan tersebut. 

“Produk Le Minerale sudah menjadi salah satu produk kebanggaan Indonesia, karena telah berhasil melakukan ekspor ke berbagai negara dan seluruh keuntungan dari bisnis perusahaan kami kembali ke Indonesia,” ucap Marketing Director PT Tirta Fresindo Jaya, Febri Satria Hutama, dalam keterangan resminya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat