androidvodic.com

Laksdya TNI Irvansyah Beberkan Capaian Bakamla di 2023: Gagalkan Penyelundupan Narkoba hingga Minyak - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 di Tugu Proklamasi Jakarta pada Jumat (29/12/2023).

Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Irvansyah dan dihadiri Kepala Bakamla RI dari masa ke masa, perwakilan dari BNPB, BNN, Kemenhan, BSSN, KLKH, Basarnas, Kemenkumham, KKP, Menhub, TNI, Polri, serta Masyarakat Maritim.

Dalam amanatnya, Irvansyah mengatakan sejalan dengan terbitnya Perpres No 59 tahun 2023 tentang kebijakan nasional penyelenggaraan keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia Bakamla terus melakukan inovasi dan sinergitas dalam upaya mewujudkan keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia.

Tantangan di tataran regional khususnya menyangkut isu keamanan laut dan keselamatan pelayaran dewasa ini serta sistem informasi yang masih bersifat sektoral, kata dia, tidak menyurutkan semangat Bakamla RI untuk menghadirkan kondisi laut Indonesia yang bebas dari segala bentuk pelanggaran hukum dan memberikan rasa aman bagi pengguna laut.

Ia juga membeberkan sejumlah capaian yang telah diraih Bakamla RI selama ini baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Capaian tersebut, kata dia, di antaranya menggagalkan penyelundupan narkoba, illegal mining, illegal oil, penangkapan terhadap kapal yang melakukan pencemaran di laut, serta menggagalkan penyelundupan pekerja migran.

Keberhasilan tersebut, kata Irvansyah, diperoleh melalui. penyelenggaraan patroli nasional yang telah dilakukan Bakamla bersama-sama dengan instansi teknis, dan instansi terkait

Keberhasilan Bakamla dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang diemban juga beriringan dengan progres keberhasilan dalam pelaksanaan good governance di lingkungan Bakamla RI.

Capaian tersebut di antaranya Bakamla RI memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 3 kali berturut-turut yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), predikat Sangat Memuaskan dalam Pengawasan Kearsipan Tahun 2023 yang diberikan oleh Arsip Nasional RI (ANRI), dan predikat Istimewa dalam Indeks Reformasi Hukum dan Instansi Meso Tahun 2023.

"Berbagai prestasi ini sepatutnya tidak membuat kita berpuas diri namun justru semakin memacu semangat kita, penjaga laut Nusantara Bakamla RI untuk memberikan kinerja terbaik di tahun-tahun ke depan," kata Irvansyah.

Peringatan HUT Bakamla tahun ini, kata dia, mengusung tema “Indonesia Coast Guard yang modern dan profesional untuk Indonesia Maju”

Ia berharap tema tersebut akan menjadi pendorong semangat bagi seluruh personel Bakamla untuk terus bekerja, berkarya, dan mendedikasikan diri demi terwujudnya keamanan, keselamatan dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat