androidvodic.com

Wujudkan Lingkungan Kerja Kondusif, PT GNI Gelar Medical Check Up untuk Ribuan Karyawannya - News

News - Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah segala kegiatan yang bertujuan untuk memastikan dan melindungi keselamatan serta kesehatan para pekerja, dengan cara mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan. Hal tersebut tertera dalam ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2012 Pasal 1 ayat 2.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan perusahaan terkait kewajiban tersebut adalah dengan memberikan layanan pemeriksaan atau Medical Check Up (MCU) kepada pekerja. Adapun tujuan dari MCU adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan karyawan secara lebih mendalam. 

Hal ini yang juga dilakukan oleh perusahaan smelter nikel di Morowali Utara, PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI). Perusahaan yang berkomitmen dalam penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) ini mengadakan Medical Check Up (MCU) untuk ribuan tenaga kerjanya di Morowali Utara, Sulawesi Tengah baru-baru ini. 

MCU tersebut berlangsung selama 10 hari sejak tanggal 13 hingga 22 Desember 2023. Dengan menggandeng salah satu faskes, kegiatan ini rencananya akan terus diadakan secara berkala. 

Baca juga: Kemenaker Apresiasi Langkah Konkret PT GNI dalam Tingkatkan Regulasi Keselamatan Kerja

Head of Corporate Communication PT GNI Mellysa Tanoyo mengatakan, MCU ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan karyawan, mendeteksi dini penyakit, dan memberikan pengobatan jika ada gangguan kesehatan. 

Dengan begitu, diharapkan tercipta kondisi kesehatan karyawan yang optimal, baik sebelum masuk kerja, ketika bekerja, dan setelah bekerja.

“MCU ini dilakukan untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan fisik karyawan. Kegiatan ini juga sebagai upaya berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dalam mendukung setiap karyawan agar dapat memberikan kinerja yang optimal,” kata Mellysa.

Melalui MCU ini, karyawan menerima serangkaian pemeriksaan seperti Pemeriksaan Urine, Pemeriksaan Fisik Lengkap, Pemeriksaan Darah Lengkap, Rontgen Thorax, Pemeriksaan Mata (buta huruf dan buta warna), Tensi / TVV hingga Pemeriksaan Antropometri.

Baca juga: Utamakan Keselamatan Pekerja dan Warga, PT GNI Hadirkan Bantuan Mobil Ambulans

Tingkatkan produktivitas dengan cegah kecelakaan kerja di PT GNI

Menurut salah satu tenaga medis PT GNI dr. Yuan Ade Sukma, selain merupakan kewajiban perusahaan, MCU ini juga menjadi upaya perusahaan untuk menurunkan tingkat kecelakaan kerja dan Penyakit Akibat Kerja (PAK). 

“Sebenarnya dengan adanya MCU ini, produktivitas karyawan akan makin meningkat. Karena kita mau memastikan bahwa karyawan ketika masuk bekerja itu sudah dalam kondisi yang sehat. Jadi angka sakit ketika bekerja akan jauh lebih rendah,” tambah dr. Yuan.

Mellysa juga menegaskan bahwa karyawan merupakan aset berharga perusahaan sehingga harus dijaga dan dipenuhi seluruh haknya. Oleh sebab itu, perusahaan juga meyakini, membangun lingkungan kerja yang sehat dan mendukung merupakan investasi penting untuk menciptakan atmosfer positif di tempat kerja.

“Kami yakin, bahwa kesejahteraan karyawan merupakan hal yang tak boleh diabaikan. Karena karyawan yang sehat secara fisik dapat berdampak positif pada produktivitas kerja secara keseluruhan, sehingga akan fokus dalam menjalankan tugas-tugas mereka,” tutup Mellysa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat