androidvodic.com

GFI Bangun Pemberdayaaan Lumbung Ternak Dhuafa di 5 titik di Indonesia - News

News, JAKARTA - Memperingati milad ke-7, Golden Future Indonesia menginiasasi penyebaran program lumbung ternak dhuafa sebagai pemberdayaan kepada penerima manfaat, untuk memberikan kebermanfaatan dan kebaikan yang stabil.

Aryo Nur Firdaus, Directur Program Golden Future Indonesia mengatakan program ini menyasar para peternak atau calon penerima manfaat yang sudah memiliki pengalaman sebagai peternak dan melalui mentoring relawan-relawan lokal yang berada di lokasi.

Baca juga: Teknologi Tepat Guna Bebaskan Ketergantungan Warga dari Pengepul Pakan Ternak

Menurutnya, program ini berjalan di beberapa titik, seperti di Masohi dan Pulau Seram, Maluku.

Kemudian Malang-Jawa Timur, Jampang Kab, Sukabumi, Pekaitan-Sumetra Selatan. Dan berharap akan berkembang di berbagai titik di Indonesia.

“Lumbung Ternak Dhuafa GFI secara langsung menjawab kebutuhan masyarakat akan terwujudnya pemberdayaan. Masyarakat jadi memiliki hewan peliharaan yang awalnya merupakan bantuan dari GFI,” kata Aryo dalam keterangan yang diterima, Sabtu (6/1/2024).

Miswandi (44) petani di Kecamatan Pekaitan-Sumatera Selatan, yang kini telah memiliki 8 ekor kambing membagikan kisahnya.

“Alhamdulillah program dari GFI saya yang tidak punya ternak, sekarang sudah punya delapan ekor kambing. Semua sudah siap korban. Indukannya juga ada dan semoga kedepan semakin berkembang biak,” katanya.

Baca juga: Malangnya Nasib Tawa Utomo, Kandang dan 2 Sapinya Terbakar, Penyebab dari Penghangat Ternak

Hal serupa juga terjadi di Jampang Kabupayen Sukabumi.

Masyarakat jadi berdaya, terlebih jelang Idul Adha.

Beberapa ekor dari kambing yang mereka ternak selama ini juga memenuhi syarat untuk dijadikan hewan qurban dan di kembang biakan.

“Memang butuh proses kalau jadi peternakan besar, tetapi yang ada ini sudah memberi begitu banyak dampak kebaikan. Masyarakat jadi punya aktivitas, meningkatkan skill dalam beternak, hingga berdaya secara ekonomi, apalagi jelang Idul Qurban,” kata Aryo.

Harapannya ini  memberi begitu banyak dampak kebaikan.

Masyarakat jadi punya aktivitas, meningkatkan skill dalam beternak, tentu akan berproses seiring berjalannya waktu dan mentoring untuk sebuah peternakan pemberdayaan yang besar.

Pemberdayaan Lumbung ternak Dhuafa ini berjalan secara simultan agar tercapai upaya pembangunan berkelanjutan dan stabil, menghadirkan pemberdayaan yang mengubah posisi masyarakat dari tidak mampu menjadi berdaya dan mandiri.

“Tentu Program ini penting jadi perhatian kita bersama agar pemberdayaan dana zakat, infak dan sedekah, dapat melahirkan kebaikan yang berkelanjutan serta kekuatan perubahan nyata bagi masyarakat, dari satu individu, satu keluarga, masyarakat ke lingkungan lebih luas,” kata Aryo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat