androidvodic.com

Istana Mulai Siapkan Pelaksanaan Peringatan Hari Kemerdekaan RI Tahun Ini di IKN Nusantara - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memimpin rapat persiapan pelaksanaan Hari Kemerdekaan ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Rencananya tahun ini peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 akan diselenggarakan di wilayah yang akan menjadi ibu kota baru Indonesia tersebut.

"Kesiapan 17-an 2024 sudah kita bahas dan tadi saya minta per bidang, ada bidang komunikasi, bidang upacara, bidang sarana prasarana infrastruktur untuk segera merapatkan membahas sesuai bidangnya dan tentu membahas terkini yang disesuaikan dengan kondisi IKN pada saat bulan Agustus," kata Heru dalam konferensi pers yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (9/1/2024).

Heru menyampaikan pelaksanaan Hari Kemerdekaan di IKN akan disamakan seperti di Jakarta.

Nantinya juga akan dibuat rangkaian acara sejak tanggal 1 Agustus hingga 18 Agustus 2024.

Baca juga: Realisasi Anggaran IKN Sepanjang 2023 Sebesar Rp 26,7 Triliun, Ini Rinciannya

Perihal persiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Heru juga meminta Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) untuk membentuk tim lebih cepat dari sejak bulan Maret.

Tujuannya agar tim Paskibraka dan seluruh komponen lainnya dapat menggelar latihan se-dini mungkin.

Baca juga: IKN Bukan Prioritas, Anies Janji Bereskan Hal-hal Fundamental agar Kalimantan Maju dan Sejahtera

"Saya minta kepada BPIP terkait Paskibra yang biasanya baru terbentuk bulan Mei, saya minta lebih cepat lagi. Termasuk pasukan inti sudah mulai dibentuk dari TNI, kalau bisa sudah dibentuk dari Maret sehingga latihannya se-dini mungkin," katanya.

"Mungkin latihan ada di Jakarta dibuat simulasi mirip seperti di IKN, dan lanjut nanti persiapannya di bulan Juni, Juli dan Agustus," lanjut Heru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat