androidvodic.com

Kemlu Bantah Retno Marsudi Mundur Buntut Budi Arie Ditunjuk Jadi Menteri Luar Negeri Ad Interim - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim.

Keputusan ini diambil kala Menlu Retno Marsudi tengah menunaikan perjalanan dinasnya ke sejumlah negara.

Baca juga: Daftar 15 Menteri yang Diisukan Bakal Mundur dari Kabinet Jokowi, Sri Mulyani hingga Retno Marsudi

Penunjukan Budi Arie sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim berdasarkan surat resmi bertanda tangan Menteri Sekretaris Negara RI Pratikno pada 19 Januari 2024.

Penunjukan ini pun menjadi heboh ditengah isu belasan menteri Jokowi mundur, dimana menlu Retno menjadi satu diantaranya.

Hal ini pun ditepis oleh Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) Lalu Muhammad Iqbal.

Baca juga: 23.000 Warga Palestina di Gaza Tewas oleh Serangan Israel, Menlu Retno: Indonesia Tak Akan Diam

Ia mengatakan, Menteri Ad Interim dalam pemerintahan merupakan lumrah, dikarenkan menteri yang bersangkutan tidak berada di Indonesia.

"Ini hal biasa dalam pemerintahan, saat menteri sedang tidak berada di Indonesia. Ibu Menteri (Menlu Retno) sendiri juga sering menjadi ad interim," kata dia dalam pernyataannya pada Minggu (21/01/2024).

Menteri Retno Marsudi melangsungkan tugas negara di luar negeri pada 21 sampai dengan 22 Januari 2024.

Retno diketahui sedang melakukan perjalanan dinas ke New York untuk persiapan debat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait Gaza.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri RI, Pahala Nugraha Mansury sedang memimpin Delegasi RI pada Konferensi Tingkat Tinggi Gerakan Non-Blok (GNB) Ke-19 yang berlangsung di Kampala, Uganda, 19-20 Januari 2024.​

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat