androidvodic.com

Guru Besar UPH: Teknologi Fotonika Bakal Dorong Komunikasi Kecepatan Tinggi di Masa Depan - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Guru Besar bidang Ilmu Fotonika dan Elektronika Universitas Pelita Harapan (UPH), Henri Putra Uranus, meminta penelitian ilmu fotonika dan elektronika di perguruan tinggi terus dikembangkan.

Dirinya mengungkapkan teknologi fotonika bakal mendorong komunikasi berkecepatan tinggi di masa depan.

"Teknologi fotonik dianggap sebagai salah satu teknologi terkemuka di masa depan yang memiliki peran kunci dalam komunikasi berkecepatan tinggi. Kemajuan di bidang fotonika juga membuka pintu untuk mendeteksi objek-objek kecil dalam jumlah terbatas dengan efisiensi tinggi," ujar Henri melalui keterangan tertulis, Senin (22/1/2024).

Dirinya berharap penelitian di bidang tersebut dapat memberikan kontribusi berarti bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang teknik.

Guru Besar UPH ke-31 yang baru dilantik ini mengatakan saat ini terdapat urgensi pengembangan teknologi fotonik.

Ia menjelaskan bahwa teknologi fotonik adalah tulang punggung dari infrastruktur internet.

Salah satu pemanfaatan teknologi fotonik yaitu serat optik yang digunakan dalam infrastruktur telekomunikasi Indonesia.

"Dengan memanfaatkan serat optik, Indonesia dapat terhubung dengan dunia melalui berbagai jaringan seperti Sea-Me-We 3, Jasuraus, jaringan Palapa Ring, serta infrastruktur serat optik lainnya yang dibangun oleh pemerintah dan operator telekomunikasi," katanya.

Henri menjelaskan bahwa teknologi fotonik bukan hanya menjadi kunci dalam bidang telekomunikasi.

Melainkan juga dapat diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan modern, termasuk dalam perangkat sensor yang sangat sensitif.

"Fotonika merupakan teknologi yang memiliki peran penting sebagai "enabling technology" pada era disrupsi. Fotonik memungkinkan terwujudnya komunikasi yang terjangkau, mengatasi batasan jarak, dan memfasilitasi perpindahan data massal dengan kecepatan tinggi dalam sekejap," jelasnya.

Seperti diketahui, UPH resmi mengukuhkan Prof. Dr. Ir. Henri Putra Uranus, M.T., IPU., sebagai Guru Besar bidang Ilmu Fotonika dan Elektronika pada 16 Januari 2024.

Baca juga: Penyebaran AI Generatif Cepat Untuk Masa Depan Industri Elektronika dan Teknologi Jepang

Dikukuhkannya Prof. Henri sebagai Guru Besar Ilmu Fotonika dan Elektronika menjadi bukti bahwa UPH memiliki tenaga pengajar yang unggul dan kompeten di bidangnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat