androidvodic.com

Kemenkominfo Tegaskan Komitmen Pemerintah Tingkatkan Literasi Digital ke Publik - News

News, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan komitmen pemerintah dalam menyelenggarakan program peningkatan literasi digital.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam webinar literasi digital bertajuk 'Ayo Lebih Waspada Rekam Jejak Digital Kita' pada Rabu (31/1/2024).

Kemenkominfo menggelar webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga dan mengelola rekam jejak digital secara bijak.

"Oleh karena itu, kominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika terus berkomitmen dalam menyelenggarakan berbagai inisiatif dan program peningkatan literasi digital guna mendukung upaya yang berkelanjutan," kata Samuel.

Dalam kesempatan itu Anggota Komisi I DPR RI, Rizki Sadig mengatakan diperlukan tindakan preventif dalam menjaga rekam jejak digital.

Ia menyebut pentingnya menghapus informasi yang masih dapat dihapus, seperti cookies di gawai, sebagai langkah preventif awal untuk melindungi privasi digital.

"Kalau misalkan yang masih bisa dihapus, hapus dulu. Ini adalah langkah preventif awal untuk pencegahan rekam jejak digital kita agar lebih terjaga," kata Rizki.

Sementara pegiat media sosial, Syifa Hersafitri memberikan wawasan tentang bagaimana masyarakat dapat memengaruhi dan memproduksi konten positif di media sosial.

Ia menekankan pentingnya menahan diri dari pengaruh negatif dan fokus pada produksi konten yang dapat meningkatkan kehormatan, bahkan ekonomi pribadi.

Dia juga mengajak publik untuk menggunakan media sosial secara bijak, cakap, dan bertanggung jawab.

"Pulang kantor sendiri, kita harus menahan diri untuk tidak terpengaruh ikut-ikutan dengan orang-orang lain. Kita harus memproduksi hal-hal yang produktif untuk meningkatkan harkat martabat kita, kehormatan, bahkan mungkin bisa meningkatkan ekonomi kita," ucap Hersafitri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat