androidvodic.com

Sempat Langka, Satgas Pangan Polri Awasi Pendistribusian Produksi Beras - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Tim Satgas Pangan Polri turun tangan untuk melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap pendistribusian beras di berbagai daerah.

Hal ini setelah terjadinya kelangkaan hingga berdampak kepada harga beras yang mahal di sejumlah gerai beberapa hari belakangan.

“Satgas Pangan Polri dan jajarannya terus melakukan monitoring dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan beras," kata Kepala Tim Satgas (Kasatgas) Pangan Polri, Brigjen Whisnu Hermawan saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (15/2/2024).

Whisnu mengatakan, monitoring ini ditargetkan di daerah-daerah yang menjadi sentra produksi beras.

Dia mengatakan setiap daerah memiliki perbedaan karakteristik dalam teknis pendistribusiannya.

“Selain itu, juga dilakukan pengawasan terhadap jalur-jalur pendistribusiannya, sehingga diharapkan tidak ada daerah yang ketersediaannya berasnya kurang,” jelasnya.

Lalu, kata Whisnu, tempat penggilingan beras, gudang-gudang penyimpanan, toko retail modern dan pasar tradisional juga tak luput untuk menjadi fokus pengawasan.

Setiap daerah nantinya akan dikendalikan langsung oleh masing-masing Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda di satuan wilayah dan nantinya dilaporkan ke Satgas Pangan Bareskrim.

“Tentunya, kerja sama dengan Dinas Provinsi terkait yang bertujuan memastikan kondisi di lapangan,” tuturnya.

Baca juga: KPK Duga Pengadaan Server dan Storage System di PT SCC Tak Sesuai Spesifikasi

Lebih lanjut, Whisnu mengatakan penyebab berkurangnya pendistribusian beras yang terjadi beberapa hari ini karena ada gagal panen akibat cuaca di sejumlah daerah. 

Namun, lanjut dia, kondisi ketersediaan beras saat ini di daerah beberapa daerah masih aman meskipun harganya mengalami perbedaan sesuai harga eceran tertinggi (HET).

“Hingga saat ini kondisi ketersediaan beras di daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Maluku dan Papua masih aman. Namun, untuk harga memang berbeda sebagaimana memang ada perbedaan HET sesuai dengan zonanya masing-masing," ungkapnya.

Jokowi Sebut Ada Masalah Suplai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengunjungi Gudang Bulog Klahang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Rabu, (3/1/2024). 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengunjungi Gudang Bulog Klahang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Rabu, (3/1/2024).  (Dok. Setpres)

Sebelumnya, stok beras sempat mengalami kelangkaan dalam beberapa hari terakhir. Terutama beras premium yang langka di beberapa ritel modern. Kelangkaan tersebut menyebabkan harga beras mengalami kenaikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat