androidvodic.com

Analisis Gempa M 4,4 di Aceh Singkil Sore Ini, BMKG: Masyarakat Diimbau agar Tetap Tenang - News

News - Gempa bumi tektonik berkekuatan M 4,4 mengguncang Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh sore ini, Jumat (16/2/2024) pukul 15:22:48 WIB.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah I, Hendro Nugroho, mengungkapkan episenter gempa bumi yang menggucang Aceh Singkil terletak pada koordinat 2.15° LU dan 97.85° BT.

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 21 km Tenggara Kabupaten Aceh Singkil pada kedalaman 31 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Megathrust," ungkap Hendro Nugroho, hari ini.

Hasil analisis monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, bahwa belum ada kejadian gempabumi susulan (aftershock).

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," sambungnya.

Dampak Gempa Bumi

BMKG mengungkapkan, gempa ini dirasakan (Skala MMI) hingga wilayah III - IV Kab. Aceh Singkil, dan III Kota Subulussalam.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di daerah Kabupaten Aceh Singkil dengan skala intensitas III-IV MMI.

Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi).

Baca juga: Gempa Kalsel Terasa Hingga Pulang Pisau, Kotawaringin Timur dan Palangkaraya

Sementara daerah Kota Subulussalam dengan skala intensitas III MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

"Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," tambah Hendro Nugroho.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).

(News/M Alvian Fakka)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat