androidvodic.com

Contoh Teks Khotbah Jumat Tema Bulan Syaban - News

News - Bulan Syaban mempunyai keutamaan yang begitu mulia dan akan sangat rugi jika dilewatkan.

Bulan Syaban merupakan bulan antara dua bulan mulia, yaitu bulan Rajab dan bulan Ramadan.

Naskah khutbah Jumat dalam artikel ini berkaitan dengan bulan Syaban.

Menurut penanggalan Hijriyah yang diterbitkan Kementerian Agama RI, bulan Syaban dimulai pada tanggal 11 Februari 2024.

Dalam naskah khutbah di bawah ini, akan diterangkan mengenai apa saja amalan yang dapat dilakukan selama bulan Syaban.

KHOTBAH I

اَلْحَمْدُ لله، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا بِلِقَاءِ شَهْرِ شَعْبَانَ، هَذَا شَهْرٌ يُمْكِنُ فِيْهِ اَنْ نَسْتَعْمِلَهُ لِنَيْلِ الْبَرَكَاتِ وَالرِّضْوَانْ. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِىْ اَنْزَلَهُ اللهُ اِلَيْهِ بِجَمِيْعِ اَنْوَاعِ الدَّلِيْلِ وَالْبُرْهَانِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ نَالُوْا الْبَرَكَاتِ وَالْعِرْفَانْ. اَمَّا بَعْدُ

فَيَا عِبَادَ اللهِ، اُوْصِيْنِىْ نَفْسِيْ وَاِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: وَالْعَصْرِ، إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ، إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Hadirin jamaah shalat Jumat hafidhakumullah,

Saya berwasiat untuk diri saya sendiri dan anda para hadirin semua untuk meningkatkan takwa kita kepada Allah subhanahu wa ta'alâ dengan selalu mengikuti perintah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Hadirin,

Baca juga: Tata Cara Sholat Nisfu Syaban Sendiri di Rumah serta Bacaan Niat

Pada hari ini, atas izin Allah kita mendapati bulan Sya'ban. Satu bulan yang jatuh antara Rajab dan Ramadhan. Bulan Sya'ban merupakan di antara bulan yang disebut khusus dalam doa Rasulullah sebagaimana diriwayatkan dari Anas bin Malik:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ، وَشَعْبَانَ، وَبِلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: Ya Allah, semoga Engkau beri keberkahan kepada kami dalam bulan Rajab, Sya'ban dan Ramadhan.

Pada bulan kemarin, kita sudah melewati bulan Rajab, bulan bercocok tanam, sekarang pada bulan Sya'ban ini adalah bulan merawat, menyirami tanaman sedangkan bulan Ramadhan besok adalah bulan memanen. Bagaimana kita bisa memanen dengan melakukan banyak ibadah-ibadah jika tidak kita mulai sejak kemarin dan kita rawat pada bulan Sya'ban sekarang ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat