androidvodic.com

Panglima TNI Sebut Jenderal Kehormatan Prabowo Implikasi dari Anugerah Bintang Yudha Dharma Utama - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menjelaskan terkait kenaikan Pangkat Secara Istimewa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Mabes TNI Cilangkap Jakarta pada Rabu (28/2/2024).

Prabowo, kata dia, telah dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama yang ditetapkan dengan Keppres Nomor 13/TK/TAHUN 2022 pada 28 Januari 2022.

Penghargaan tersebut sudah melalui proses pengusulan, verifikasi dan pertimbangan dari Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Menurut Agus sesuai Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/34/V/2011 tanggal 10 Mei 2011 Bintang Yudha Dharma Utama ini hanya diberikan kepada Menhan dan Panglima TNI.

"Implikasi dari anugerah Bintang Yudha Dharma Utama, sesuai Pasal 33 ayat 1 dan 3, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009, Bapak Prabowo Subianto berhak diberikan pengangkatan dan kenaikan pangkat secara istimewa," kata Agus saat dihubungi wartawan pada Rabu (28/2/2024).

Baca juga: Prabowo Terima Jenderal Kehormatan Bintang 4, Pengamat Nilai Sudah Melalui Sidang Wanjakti TNI

Sesuai Surat Panglima TNI Nomor R/216/II/2024 tanggal16 Februari 2024, kata dia, Panglima TNI merekomendasikan penganugerahan Jenderal TNI Kehormatan.

"Maka pada hari ini, kata dia, Presiden memberikan Kenaikan Pangkat Secara Istimewa kepada Menhan bapak Prabowo Subianto sesuai Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Penganugerahan Pangkat Secara Istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan," kata Agus.

Untuk itu, ia mengucapkan selamat dan sukses kepada Prabowo yang sudah dianugerahi kenaikan pangkat secara istimewa menjadi Jenderal TNI kehormatan atas jasa-jasanya dan dedikasi yang tinggi dalam menjaga keutuhan negara RI dan membangun kekuatan TNI yang profesional.

"Semoga beliau selalu ada dalam lindungan Allah SWT dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) (HOR) Prabowo Subianto tampak tersenyum sambil mengangkat dua jempolnya setelah ditanya tanggapannya menyandang pangkat Jenderal Kehormatan.

Ia pun tampak beberapa kali menangkupkan kedua tangannya isyarat berterima kasih kepada awak media yang menyecarnya.

Di tengah gerimis hujan, tampak juga momen ketika Prabowo bersenda gurau dengan empat penyandang bintang empat lainnya di jajaran TNI yakni Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Momen tersebut terekam usai mereka berkeliling meninjau sejumlah alutsista yang dipamerkan di lapangan parkir GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta saat Rapim TNI-Polri 2024 pada Rabu (28/2/2024).

Ketika hendak menuju mobilnya, awak media kembali lagi menanyakan perasaannya menyandang pangkat Jenderal Kehormatan.

Namun ia hanya menjawab singkat sambil berkelakar.

"Kayaknya berat ya," kata Prabowo menunjuk pangkat bintang empat di pundak kirinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat