androidvodic.com

Cerita Jokowi Ditanya Obama, Mengapa BPJS Bisa Sukses Sementara Obamacare di AS Tidak - News

Laporan Wartawan News, Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita pernah ditanya oleh mantan Presiden Amerika (AS) Serikat Barack Obama mengenai keberhasilan program BPJS Kesehatan.

Pasalnya program serupa di AS yakni Obamacare tidak berjalan baik.

Presiden menceritakan pengalamannya tersebut saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung BPJS Kesehatan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Jumat (1/3/2024).

"Pernah berapa kali seingat saya dua atau tiga kali Presiden Obama menanyakan kepada saya pada tahun tahun 2015, saat itu. Jadi saya belum bisa cerita sebangga ini. Beliau bertanya kepada saya, kenapa BPJS jaminan kesehatan di Indonesia bisa berjalan dengan baik tapi Obamacare di Amerika tidak," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Nilai Pengelolaan BPJS Sudah Membaik, Tidak Defisit Lagi

Saat itu Jokowi mengaku belum bisa menjawabnya.

Namun beberapa tahun kemudian setelah sering turun meninjau ke lapangan ia memiliki jawaban atas pertanyaan Obama tersebut.

Menurut Presiden program jaminan kesehatan Obamacare di AS dan BPJS di Indonesia memang berbeda.

Di AS setiap pasien bisa langsung ke RS tanpa perlu rujukan ke Puskesmas.

Sementara di Indonesia yang ke RS adalah yang sakitnya tergolong berat.

"Di sini menurut saya, pertama, ada rujukan puskesmas. Di Amerika enggak ada puskesmas. Langsung ke rumah sakit sehingga beban semuanya langsung ke RS, di sini masih tahan di puskesmas, baru kalau sudah berat masuk rumah sakit," katanya.

Selain itu, kata Presiden, program jaminan kesehatan di Indonesia tidak terlalu membebani keuangan karena terbantu jumlah usia produktif yang banyak.

Hal tersebut berbeda dengan di Amerika.

"Yang kedua mengenai aging populasinya. Di kita ini masih banyak karena ada bonus demografi, usia non produktif ini yang terbanyak sehingga beban dari BPJS itu menjadi lebih ringan dibandingkan di Amerika," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat