androidvodic.com

Seporsi Makan Siang Gratis Dijatah Rp 15 Ribu, Bagaimana Takaran Gizinya? - News

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, anggaran program makan siang gratis untuk anak sekolah seperti yang digagas capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming senilai Rp 15.000 per anak.

Menurut Airlangga, harga Rp 15 ribu itu di luar dari program susu gratis yang akan dibagikan anak-anak.

Baca juga: Mahfud MD: Simulasi Makan Siang Gratis Tidak Etis

"Per anak kira-kira Rp 15.000. Itu kan bisa dibuat macam-macam. Nanti akan ada pembahasan. Di luar susu," kata Airlangga kepada wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Dengan jatah Rp 15 ribu untuk seporsi makan siang gratis, lalu bagaimana takaran gizinya?

Menu yang Dihadirkan Saat Simulasi Makan Siang Gratis

Ada empat menu makanan berbeda yang dihidangkan dalam simulasi program makan siang gratis.

Simulasi perdana ini digelar di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, dan ditinjau langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ada empat menu berbeda yang dihidangkan, di mana setiap porsinya dihargai sebesar Rp 15 ribu.

"Kalau kita lihat dari jenis makanan dan juga jenis makanan, mempunyai gizi yang cukup dalam bentuk kalori maupun protein," kata Airlangga di lokasi, Kamis (29/2/2024).

Berikut makanan-makanan yang ada di setiap menu, beserta nilai dan sumber zat gizinya:

DAFTAR MENU 1

1. Nasi 1 mangkuk (150 gram). Nilai gizi terdiri dari energi sebesar 194 Kkal dan protein 3,99 gram. Sumber zat gizi adalah karbohidrat.

2. Ayam goreng tepung 1 potong (50 gram). Nilai gizi terdiri dari energi sebesar 140 Kkal dan protein 4 gram. Sumber zat gizi adalah protein hewani.

3. Perkedel tahu 2 potong (50 gram). Nilai gizi terdiri dari energi 72 Kkal dan protein 46 gram. Sumber zat gizi adalah protein nabati.

4. Sayur capcay 1 mangkuk (150 gram). Nilai gizi terdiri dari energi 67 Kkal dan protein 1,58 gram. Sumber zat gizi adalah sayuran.

5. Pisang 1 potong (50 gram). Nilai gizi terdiri dari energi 105 Kkal dan protein 1,29 gram. Sumber zat gizi adalah buah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat