androidvodic.com

Salip Gerindra, Partai Beringin Panen Kursi Parlemen di Pemilu 2024 - News

TRIBUNNEWS.OM, JAKARTA - Partai Golkar  dipastikan bakal menempati posisi kedua perolehan suara terbesar pada Pemilu 2024 ini.

Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI masih melakukan tahap rekapitulasi suara di tingkat Provinsi, Partai pimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto ini berpeluang besar mengalami peningkatan kursi di Parlemen Senayan.

Sebab, berdasarkan hasil rekapitulasi sementara pada Selasa (5/3) atau sebelum Sirekap di tutup, menunjukkan bahwa perolehan suara Partai Golkar dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 unggul meski masih di bawah PDI Perjuangan (PDIP).

Pada Pileg kali ini, Golkar berhasil memperoleh suara sebesar 15,05 persen. Tentu hasil itu masih di bawah PDIP yang memperoleh suara 16,39 persen.

Perolehan kursi DPR Partai Golkar justru berhasil menyalip Partai Gerindra yang menempati posisi kedua pada Pemilu 2019 lalu. Sebab, partai pimpinan Ketua Umum Prabowo Subianto itu menempati posisi ketiga pada Pemilu 2024 dengan perolehan suara 13,3 persen.

Berdasarkan catatan Tribun Network, Partai Golkar berhasil mendapatkan 85 kursi Parlemen atau 17.229.789 suara (12,31 persen) di Pemilu 2019 lalu.

Diprediksi, partai berlambang pohon beringin ini bakal mendapatkan lebih banyak kursi Parlemen di Pemilu 2024 ini. Karena, Golkar disebut-sebut berhasil unggul hampir di 15 provinsi se-Indonesia.

Terutama, di Provinisi Jawa Barat (Jabar), Golkar disebut berhasil mengamankan 18 kursi DPR RI dari daerah pemilih (Dapil) Jabar.

Data hasil Pemilu 2019 menunjukkan, Partai Golkar hanya berhasil memperoleh 1 kursi Parlemen DPR di tiga daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta.

Baca juga: Hasil Tabulasi Internal Tembus 2 Kursi DPR RI di Jatim 4, Kawendra Gerindra: Ayo Kawal Suara Rakyat

Namun, dari perolehan suara sementara Pemilu 2024 ini, Partai Golkar diperkirakan mendapatkan 2 kursi di Parlemen DPR.

Dari Dapil I DKI Jakarta, Partai Golkar belum berhasil memperoleh kursi Parlemen.

Dari Dapil II DKI Jakarta, Golkar diprediksi menghantarkan 1 kursi ke Parlemen Senayan. Di mana, pada Pemilu 2019 lalu, Cristina Ariani berhasil duduk di DPR RI.

Namun, kini kemungkinan kursi itu bergeser ke Abraham Sridjaja.

Sedangkan, dari Dapil III DKI Jakarta, Golkar diperkirakan juga berhasil menambah satu kursi parlemem dari Dapil yang meliputi wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat.

Baca juga: Mardiono Yakini Papua Selatan Bakal Jadi Sumber Suara untuk Kursi DPR

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat