androidvodic.com

Pimpin Rapat soal Lahan IKN di Istana, Jokowi Minta Percepat Pembebasan Lahan untuk Investor - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin memimpin rapat percepatan penyediaan lahan investasi di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Istana Negara pada Rabu (13/3/2024).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, dalam rapat tersebut Presiden meminta percepatan pembebasan lahan yang diperuntukan bagi investasi

“Beliau (Jokowi) menyampaikan bahwa agar segera diperjelas, dipercepat untuk status-status lahan,” kata Basuki dalam konferensi pers seperti disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (13/3/2024).

Basuki menerangkan, pembebasan lahan di IKN ada dua jenis.

Pertama, lahan yang diperuntukan bagi pembangunan infrastruktur seperti prasarana umum yang dikerjakan dari APBN.

Kedua, pembebasan lahan di IKN untuk investasi. Adapun rapat yang dipimpim Presiden Jokowi kali ini dikhususkan membahas terkait pembebasan lahan bagi investasi.

Baca juga: DPR RI Diminta Libatkan Masukan Masyarakat sebelum Bawa RUU DKJ ke Paripurna

Dalam kesempatan itu, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono mengatakan investasi di IKN dirasa perlu sesegera mungkin direalisasikan, agar membentuk ekosistem. 

Ekosistem dimaksud yakni kawasan IKN bukan hanya Istana Kepresidenan maupun kantor-kantor bagi para menteri, tapi juga infrastruktur fasilitas bagi publik sehingga Nusantara menjadi kota layak huni.

“Di samping Istana kemudian kantor menteri, infrastruktur yang dibangun PUPR dan sebagainya, tentu akan ada fasilitas untuk publik sehingga kota itu layak huni dan dicintai,” kata Bambang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat