androidvodic.com

Resmikan Seminar Halal, Wapres Berharap Banyak Produk Kelautan Kepulauan Riau Tembus Pasar Global - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, KEPRI - Wakil Presiden RI (Wapres) KH. Ma'ruf Amin menyatakan harapannya agar produksi kelautan dan perikanan di Kepulauan Riau bisa naik kelas, hingga merambah ke pasar internasional.

Demikian pernyataan itu disampaikan oleh Wapres Ma'ruf Amin saat meresmikan acara Kepulauan Riau Ramadan Fair 2024 sekaligus Seminar Halal Go Global di Gedung Daerah Kepulauan Riau, Kamis (15/3/2024).

"Harapannya, banyak produk halal sektor perikanan dan kelautan Provinsi Kepri akan mengglobal, serta transformasi ekonomi daerah terdorong ke arah yang lebih inklusif dan berkelanjutan," kata Ma'ruf Amin saat meresmikan acara Seminar Halal Go Global tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin Raih Penghargaan Lifetime Achievement BAZNAS Awards 2024

Adapun acuan dirinya berharap demikian, karena secara letak geografis Kepulauan Riau sebagian besar merupakan daerah perairan laut.

Angkanya kata Ma'ruf Amin mencapai lebih dari 97 persen dengan berbatasan langsung negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Sehingga menurut dia, para pelaku UMKM di Indonesia khususnya di Kepri bisa melihat potensi tersebut dengan memanfaatkan pertumbuhan ekonomi biru.

Baca juga: Pesan Wapres dalam Tausiah Ramadan: Musuh Paling Besar Adalah Perangi Nafsu

"Dengan 97 persen lebih kawasan perairan laut, Kepri kaya hasil laut dan berpotensi besar dalam pengembangan ekonomi biru. Untuk itu, ekosistem rantai nilai halal pada sektor ini patut terus dikembangkan," kata dia.

Tak hanya itu, Kepri sebagai salah satu pintu gerbang masuknya perdagangan dari luar negeri ini juga menurut Ma'ruf Amin bisa menjadi faktor pengembang ekonomi logistik.

Salah satunya melalui pembangunan beragam pelabuhan logistik halal yang sehingga menjadikan Kepulauan Riau ini sebagai hub pemasukan ekonomi Indonesia.

"Potensi pengembangan logistik halal dapat lebih digali, termasuk peluang pembangunan pelabuhan logistik halal yang akan menjadikan Provinsi Kepri hub perdagangan halal internasional," tukas dia.

Dalam acara peresmian Kepulauan Riau Ramadan Fair 2024 dan Seminari Halal Go Global ini turut hadir Gubernur Kepulauan Riau Ahmad Anshar beserta istri, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Suyono.

Peresmian acara ini sendiri ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wapres Ma'ruf Amin dan disertai dengan doa bersama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat