androidvodic.com

Tak Hanya Mobil Terbang, IKN Bakal Dilengkapi Tiang Listrik Cerdas Bisa Jawab Pertanyaan Warga - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyatakan, beragam inovasi dan teknologi akan dikembangkan seiring dibangunnya IKN di Kalimantan.

Dimana salah satu terobosan yang akan diuji coba yakni dengan menguji coba mobil terbang serta mobil tanpa awak.

"Itu untuk yang angkutan umum publik yang tidak memiliki driver tanpa awak, satu. Kemudian juga yang mobil terbang," kata Bambang saat ditemui awak media usai rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (18/3/2024).

Lebih jauh, Bambang juga membeberkan kalau bukan tidak mungkin nantinya akan turut diuji coba penerapan tiang listrik cerdas.

Kata dia, tiang listrik tersebut nantinya bisa menjadi sumber informasi bagi setiap masyarakat yang pengin bertanya.

"Di samping itu juga ada beberapa provoke konsep untuk bagaimana misalnya tiang-tiang listrik itu nanti berfungsi juga sebagai tempat-tempat informasi, misalnya gitu ya," kata dia.

Adapun fungsi tiang listrik tersebut menurut Bambang, bisa menjawab pertanyaan setiap masyarakat yang pengin menuju suatu tempat.

Dirinya mencontohkan, ada seorang masyarakat yang pengin menuju ke kedai kopi dan bisa bertanya soal lokasi tersebut ke tiang listrik.

"Jadi ada tiang tiba-tiba kita mau tanya ‘ini kalau saya mau ke kafe ini lewat mana?’ Dia bisa jawab. Itu contoh fitur-fitur smart dan kita uji cobakan," kata dia.

Baca juga: Kepala Otorita Sebut Hujan Jadi Hambatan Pembangunan Infrastruktur IKN: Kita Harus Tunggu Untuk Cor

Meski begitu, Bambang menyatakan seluruh kemajuan teknologi itu masih akan dilakukan uji coba.

Atau dalam artian lain, uji coba itu dilakukan dengan melihat kondisi kelayakan dari sarana dan pra sarana di IKN

"Provoke konsep itu istilahnya adalah uji coba cocok enggak sih teknologinya sama kondisi kita di lapangan," tukas dia.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono pada Sabtu (29/7/2023) bertemu dengan Walikota Shenzhen Qin Weizhong untuk menjajaki kerja sama konkret yang disepakati antara Pemerintah Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono pada Sabtu (29/7/2023) bertemu dengan Walikota Shenzhen Qin Weizhong untuk menjajaki kerja sama konkret yang disepakati antara Pemerintah Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). (istimewa)

Sebelumnya, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyatakan akan ada uji coba mobil terbang di IKN sebagai bentuk kemajuan mobilisasi transportasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat