androidvodic.com

Generasi Muda Disebut Punya Peran Besar Promosikan Potensi Daerah Lewat Cara Kreatif - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - founder sekaligus Ketua Yayasan Daerah untuk Negeri (DUN) Reybi Waren, menilai kemampuan berkomunikasi secara sistematis dan efektif akan sangat dibutuhkan oleh generasi muda Indonesia saat ini maupun masa depan.

Dirinya mengatakan anak muda dapat menceritakan potensi atau tantangan daerah-daerah di Indonesia melalui kemampuan berkomunikasinya.

"Kita tidak hanya butuh kemampuan teknis yang kuat, namun juga kemampuan untuk mencari permasalahan dan potensi, lalu menjual apa yang kita miliki melalui teknik pemasaran atau komunikasi yang sangat efektif," ujar Reybi melalui keterangan tertulis, Kamis (21/3/2024).

Reybi mengungkapkan pihaknya mengadakan kegiatan positif kepemudaan di  Indonesia, yaitu kompetisi video singkat dengan mengusung tema “Ceritain Daerahmu”, yang diunggah ke platform Instagram.

Kegiatan ini menggandeng Sekolah Multimedia SSR sebagai sponsor kegiatan.

Kompetisi ini untuk mengasah kemampuan generasi muda Indonesia dalam menggali dan menceritakan potensi atau tantangan daerah-daerah di Indonesia melalui sebuah video berdurasi maksimum 1 menit.

“Kegiatan ini berusaha untuk memberikan stimulus serta memfasilitasi pelatihan komunikasi yang singkat namun efektif untuk pemuda/i Indonesia,” katanya.

Kompetisi ini dibuka dari 19 Januari hingga 3 Maret 2024. Selama durasi tersebut, ada 90 video yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kreator video ini tersebar dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, di mana lebih dari setengah (52 persen) peserta berasal dari luar pulau Jawa, dengan total 23 provinsi di Indonesia.

Selama proses penilaian, DUN menemukan banyak sekali video yang sangat menarik dan banyak membuka mata kita tentang daerah-daerah di Indonesia.

Salah satu video membahas tentang suatu desa yang memiliki lanskap alam yang luar biasa, namun memiliki permasalahan air bersih di bagian barat Indonesia.

Video lainnya menceritakan suatu daerah penghasil kasur kapuk di bagian tengah Indonesia.

Kisah tentang suatu desa wisata yang minim pengunjung di Indonesia bagian timur juga diceritakan oleh salah satu peserta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat