androidvodic.com

IPFEST 2024 Sukses Menjadi Acara dan Kompetisi Perminyakan Internasional Mahasiswa - News

News - Integrated Petroleum Festival (IPFEST) merupakan acara besar tahunan yang diadakan oleh tiga organisasi di Teknik Perminyakan ITB, yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan “PATRA” (HMTM) ITB, Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia Seksi Mahasiswa (IATMI SM) ITB, dan Society of Petroleum Engineer ITB Student Chapter (SPE ITB SC).

Acara ini merupakan sebuah bentuk kompetisi internasional yang memuat berbagai jenis perlombaan yang berhubungan dengan dunia teknik perminyakan.

Pada tahun 2024 ini, IPFEST 2024 membawakan tema “Innovate in Harmony for Future Energy Sustainability" yang bertujuan untuk menggali ide-ide kreatif dan solusi inovatif dalam mendukung keberlanjutan energi di masa depan.

Dengan begitu, acara ini dapat menjadi sebuah wadah bagi mahasiswa untuk menambah pengalaman dan mengasah kemampuan mereka khususnya di dalam industri perminyakan.

IPFEST 2024 memuat berbagai macam kompetisi di bidang teknik perminyakan antara lain Plan of Development Competition, Well Design Competition, Geothermal Development Plan Competition, Paper and Poster Competition, Mud Innovation Competition, Smart Competition, Oil Rig Design Competition, dan Business Case Competition.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 250 tim dari berbagai universitas nasional seperti UI, UGM, UPNVY, ITS, UB, UNPAD dan internasional (Filipina, Algeria, Malaysia).

IPFEST 2024 memuat berbagai macam pre-event menarik seperti PetroLearn, Petro Hero (donor darah), IPEXCEL (training excel), IPGL (seminar guest lecture), Grand Company Expo, Competition Expo, IPCONVEX (seminar CCUS yang dihadiri oleh Ditjen Migas RI), dan masih banyak lagi.

Main event dari acara telah digelar pada tanggal 22 Februari - 25 Februari 2024 yang memuat D-Day Competition dan Gala Dinner di Gedung Energi Institut Teknologi Bandung dan Grand Aquila Ballroom.

Acara Gala Dinner yang berisikan mata acara inti pembacaan pemenang resmi dari masing-masing kompetisi menjadi penghujung dari seluruh rangkaian acara IPFEST 2024.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini akan menambah eksposur dan juga minat seluruh mahasiswa terhadap industri perminyakan. Dengan kata lain, hadirnya IPFEST diharapkan dapat menjadi pintu gerbang inovasi untuk energi berkelanjutan di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat