androidvodic.com

6 Sosok Menteri Jokowi dari Parpol yang Tak Hadiri Bukber Kabinet: PDIP, NasDem hingga PKB - News

News - Berikut ini 6 menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabinet Indonesia Maju yang tidak hadir acara buka bersama kabinet.

Diketahui, buka puasa bersama itu digelar di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/3/2024) malam.

Tampak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin serta sejumlah menteri turut hadir.

Meski demikian, beberapa menteri tak terlihat hadir acara buka bersama tersebut.

Mereka termasuk para menteri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat (NasDem), serta menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Lantas siapa saja mereka?

Dari PDIP, tampak menteri yang tak hadir ada Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini; Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly; serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga

Lantas, dari PKB ada Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, serta Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT), Abdul Halim Iskandar, dikutip dari Kompas.com.

Ada juga menteri dari Partai NasDem yang tak hadir, yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar.

Sementara itu, tampak beberapa menteri yang hadir termasuk calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Lewat Instagramnya, @prabowo, Prabowo mengunggah foto kebersamaan momen bukber kabinet tersebut.

Baca juga: Jumlah Pemudik Tahun Ini Meningkat 56 Persen, Jokowi Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

Ada beberapa menteri kompak mengenakan pakaian putih, termasuk sang Presiden, dan sebagian mengenakan pakaian batik.

"Alhamdulillah, di hari ke-17 Puasa Ramadhan 1445 H ini saya menghadiri buka puasa bersama dengan Presiden RI Joko Widodo beserta dengan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara," tulis Prabowo dalam captionya.

Dalam unggahan Prabowo, tampak beberapa menteri yang hadir yakni Menteri Keungan (Menkeu), Sri Mulyani; Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi; Menteri Perdagangan (Mendag), RI Zulkifli Hasan.

Ada juga Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qaumas; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; Menkominfo, Budi Arie Setiadi; Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY); serta Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto.

Mengutip Kompas.com, para menteri yang hadir lainnya ada Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menpan RB Abdullah Azwar Anas dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Hadir pula Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Turut hadir Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga hadir.

Lebih lanjut, ada sejumlah menteri lainnya yang juga tidak tampak dalam acara buka bersama Presiden dan Wapres, mengutip Kompas.com.

Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR), Basuki Hadimuljono; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim.

Juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Selanjutnya, Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri BUMN, Erick Thohir; dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko; juga tak tampak.

(News/Garudea Prabawati) (Kompas.com/Dian Erika Nugraheny)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat