androidvodic.com

PR Menumpuk Menanti Tonny Harjono usai Ditunjuk Jokowi Jadi KSAU - News

News - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pankogabwilhan) II Marsekal Madya (Marsdya) Mohamad Tonny Harjono resmi ditunjuk menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang memasuki masa pensiun.

Adapun penunjukan ini disampaikan oleh Koordinator Stafsus Presiden Jokowi, Ari Dwipayana.

Ari mengungkapkan penunjukan Tonny Harjono oleh Jokowi berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2024 tertanggal 25 Maret 2024.

"Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru," ujarnya pada Selasa (2/4/2024).

lihat fotoPresiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf  TNI Angkatan Udara (KSAU) baru, pengganti Marsekal Fadjar Prasetyo. Penunjukan Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono tertuang dalam Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya  KSAU. TRIBUNNEWS/BAYU PRIADI
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) baru, pengganti Marsekal Fadjar Prasetyo. Penunjukan Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono tertuang dalam Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya KSAU. TRIBUNNEWS/BAYU PRIADI

Di sisi lain, Tonny Harjono bakal dilantik pada Jumat (5/4/2024) mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Jokowi seusai memimpin pemberian bantuan ke Gaza di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Rabu (3/4/2024).

"Pelantikan KSAU hari Jumat," ujarnya singkat dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Pasca penunjukan tersebut, terdapat pekerjaan rumah (PR) yang menumpuk untuk bisa diselesaikan Tonny Harjono setelah resmi dilantik menjadi KSAU Jumat mendatang.

Baca juga: Ditunjuk jadi KSAU, Komisi I DPR Nilai Marsdya Tonny Harjono Punya Kapasitas 

Tumpukan PR Tonny: dari SDM hingga Butuh Alutsista Siap Tempur

Peneliti dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi pun membeberkan deretan PR yang perlu diselesaikan Tonny seperti penyusunan postur dan strategi operasi militer sebagai pembantu dari Panglima TNI hingga pembangunan kekuatan udara

"Tugas Kepala Staf Angkatan termasuk memimpin pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional angkatan, membantu Panglima dalam menyusun kebijakan tentang pengembangan postur, doktrin, dan strategi serta operasi militer sesuai dengan matra-matra masing," ujarnya.

"Juga membantu Panglima dalam penggunaan komponen pertahanan negara sesuai dengan kebutuhan dan melaksanakan tugas lain sesuai dengan matra masing-masing yang diberikan oleh Panglima," sambung Kharul kepada News, Rabu (3/4/2024).

Pada sektor pembangunan kekuatan AU, Khairul mengungkapkan setidaknya ada tiga aspek yang perlu diperhatikan yakni organisasi, teknologi, dan kesiapan operasi.

"Artinya organisasi harus dikembangkan agar sesuai ragam ancaman dengan mempertimbangkan kondisi geopolitik dan geostrategis, juga harus mmapu menjawab tantangan dan mengantisipasi kendala," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat