androidvodic.com

Arus Lalu Lintas di Jalur Mudik Masih Landai, Polri Duga Banyak Pemudik yang Sudah Curi Start - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Pihak kepolisian menyebut arus mudik lebaran 2024 masih landai per pukul 14.00 WIB pada Jumat (5/4/2024) hari ini.

Padahal, hari ini diprediksi merupakan puncak arus mudik lebaran hingga Senin (8/4/2024) mendatang.

Baca juga: Penerapan One Way dan Contraflow Arus Mudik Ditunda, Ganjil Genap Tetap Dimulai Siang Ini

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi membantah adanya pergeseran puncak arus mudik lebaran 2024.

Sebaliknya, pihaknya menduga sudah ada pemudik yang sudah curi start mudik terlebih dahulu.

"Kalau pergeseran saya kira enggak, malah sebetulnya masyarakat sudah mulai dari kemarin sudah ada. Termasuk juga ada tadi malam sampai tadi pagi," ucap Eddy kepada wartawan, Jumat (5/4/2024).

Baca juga: Mudik Gratis Isuzu Berangkatkan Lebih dari 50 Keluarga ke Kampung Halaman

Akibatnya, Eddy mengaku pihaknya masih belum bisa memberlakukan rekayasa lalu lintas one way maupun contraflow. Padahal, rencananya rekayasa lalu lintas itu sudah dimulai pukul 14.00 WIB pada hari ini.

Eddy menyatakan bahwa pihaknya juga tidak bisa mempredikasi perihal kapan memberlakukan one way dan contraflow. Hal yang pasti, pihaknya akan terus memantau mobilitas kendaraan dari arah Jakarta.

"Kalau diperkirakan padatnya kita sama-sama enggak tahu. Kita terus mengupdate, mata kita terus melototi CCTV dari 3 penjuru, Jatiasih, Cawang," pungkasnya.

Sebelumnya, Pihak kepolisian bakal melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas saat arus mudik lebaran 2024. Nantinya, rekayasa lalu lintas ini bertujuan untuk pengendalian lalu lintas di sejumlah ruas tol.

Hal tersebut disampaikan oleh Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan saat rapat kerja soal mudik bersama Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024). 

"Pengendalian pada ruas jalan tol kita akan melaksanakan pembatasan seperti tadi kami sampaikan pembatasan maupun rekayasa lalu lintas," ucap Aan dalam paparannya.

Ia menjelaskan rekayasa lalu lintas yang dilakukan berupa one way hingga ganjil genap. Nantinya, kebijakan itu alam dimulai pada 5 April 2024.

"Pada periode arus mudik ini one way, contraflow, maupun pembatasan ini akan kita akan berlakukan mulai tanggal 5 April pukul 14.00 WIB, sampai dengan tanggal 7 April 2024 pukul 24.00," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat