androidvodic.com

Polisi Mulai Berlakukan One Way di Tol Cipali pada Pukul 21.30 WIB - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Korlantas Polri mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas one way dari Km 72 Cipali-Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung.

Rencananya, one way mulai dilakukan sekira pukul 21.30 WIB.

Baca juga: Kemenhub Imbau Pemudik Tidak Gunakan Sepeda Motor, Lebih Baik Ikut Mudik Gratis

"Saat ini kita dari Korlantas dan jajaran sudah menyiapkan rekayasa one way. Rekayasa one way itu sendiri demgan mempertimbangkan parameter-parameter yang sudah ada," ucap Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi kepada wartawan di Tol Jakarta-Cikampek Km 29 pada Jumat (5/4/2024).

Dijelaskan Eddy, parameter yang dihitung berupa hasil pemantauan CCTV maupun laporan anggota dari lapangan. Dari hasil pemantauan, terlihat adanya peningkatan volume kendaraan selama 3 jam berturut-turut.

"Dari beberapa titik traffic counting, ada yang dibawah, tapi di bawah itupun 3 jam berturut-turut traffic countingnya semakin meningkat. Kalau yang 2, yang di km 48 dari Rorotan dan km 61 di Jakarta-Cikampek, itu memang sudah betul-betul masuk melebihi dari batas parameter yang sudah ada," katanya.

Baca juga: Ini Jalur Mudik Rawan Macet di Kota Malang, Pemudik Harus Cari Jalan Alternatif

Tak hanya itu, Eddy mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pembersihan jalur untuk persiapan rekayasa lalu lintas one way. Adapun pembersihan jalur berlangsung sejak 19.30 WIB sampai 21.30 WIB.

"Kita akan melaksanakan clearance, kegiatan pembersihan jalur yang akan dilaksanakan untuk one way. Selanjutnya apabila nanti pembersihan betul-betul clear, baik yang di jalur maupun rest area nanti kita akan buka pelaksanaan one way pukul 21.30 WIB," katanya.

"Jadi saya mohon pada para masyarakat yg akan melaksanakan mudik, tolong bersabar karena kita akan mempersiapkan pelaksanaan one way yang nanti akan dilaksanakan pukul 21.30 WIB," sambungnya.

Sebelumnya, Pihak kepolisian bakal melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas saat arus mudik lebaran 2024. Nantinya, rekayasa lalu lintas ini bertujuan untuk pengendalian lalu lintas di sejumlah ruas tol.

Hal tersebut disampaikan oleh Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan saat rapat kerja soal mudik bersama Komisi V DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024). 

"Pengendalian pada ruas jalan tol kita akan melaksanakan pembatasan seperti tadi kami sampaikan pembatasan maupun rekayasa lalu lintas," ucap Aan dalam paparannya.

Ia menjelaskan rekayasa lalu lintas yang dilakukan berupa one way hingga ganjil genap. Nantinya, kebijakan itu alam dimulai pada 5 April 2024.

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Berharap Mudik Gratis Tekan Angka Kecelakaan Pemudik Roda Dua

"Pada periode arus mudik ini one way, contraflow, maupun pembatasan ini akan kita akan berlakukan mulai tanggal 5 April pukul 14.00 WIB, sampai dengan tanggal 7 April 2024 pukul 24.00," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat