androidvodic.com

Menhub Lepas Mudik Gratis Kapal Laut Jakarta-Semarang, Angkut 876 Motor dan 2.037 Penumpang - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan program mudik gratis sepeda motor naik kapal laut pada masa angkutan Lebaran tahun 2024.

Salah satu rute jalur laut adalah Jakarta - Semarang, dengan menggunakan Kapal PELNI KM Dobonsolo.

KM Dobonsolo ini berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat (5/4/2024) petang dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas pada Sabtu (6/4/2024) siang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hadir langsung untuk melepas keberangkatan KM Dobonsolo merapah laut menuju Semarang ini.

Menhub didampingi Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Capt Hendri Ginting; Dirut PT PELNI Tri Andayani; Anggota Ombudsman RI Hery Susanto; Staf Ahli Menhub bidang Keselamatan dan Konektivitas Subagyo; dan Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT PELNI Koko Susanto.

Dalam laporannya, Capt Hendri Ginting menyampaikan bahwa total kuota mudik gratis motor naik kapal laut 2024 ini sebesar 9.600 penumpang untuk periode mudik 5 dan 7 April 2024, serta 13 dan 15 April 2024 untuk periode balik.

Pada keberangkatan Jakarta - Semarang tanggal 5 April ini dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, pendaftar terverifikasi sebanyak 1.072 motor dan 2.398 penumpang.

Sementara realisasi keberangkatan untuk keberangkatan pertama ini sebanyak 2.037 penumpang dan 876 sepeda motor, atau 85 persen dari total pendaftar terverifikasi.

"Realisasi keberangkatan pertama pada tanggal 5 April 2024 sebanyak 2.037 penumpang dan 876 motor, dengan total persentase penumpang 85 persen," papar Capt Hendri di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat.

Menhub Budi Karya Sumadi dalam pidato pelepasan KM Dobonsolo, menyatakan bahwa tujuan diadakannya mudik gratis motor naik kapal laut ini dimaksudkan agar perjalanan pemudik ke kampung halaman lebih aman.

Mengingat kata dia, motor saat ini masih menjadi salah satu kendaraan darat yang cukup berisiko kecelakaan.

"Ini bagian daripada kita menjalankan perjalanan dengan safety," kata Budi Karya.

Menhub berharap perjalanan dengan kapal laut selain memberi rasa aman, sekaligus memberi kesempatan bagi masyarakat untuk jalan jalan dan mendapat pengalaman baru pulang kampung lewat jalur laut.

"Tentu diharapkan mudik gratis ini memberikan kebahagiaan," katanya.

"Saya pikir ini menjadi satu sisi, dan sekalian jalan-jalan juga ya," lanjut dia.

Cara Mendaftar Mudik Gratis Motor Naik Kapal Laut 2024

  • Sebagai informasi bagi masyarakat yang mau mendaftar mudik gratis dengan motor tahun 2024 dari Kemenhub ini dapat mengunjungi laman mudikgratis.dephub.go.id.
  • Pendaftaran dimulai sejak 13 Maret dan masih berlangsung sampai 7 April 2024.
  • Adapun persyaratannya diantaranya peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C dan STNK.
  • Peserta juga tidak diperkenankan membawa barang dalam ukuran atau jumlah berlebihan yang bisa mengganggu mobilitas atau stabilitas saat mengendarai motor.
  • Pemudik yang sudah mendaftar bisa langsung membawa KTP untuk proses verifikasi di Kantor Kemenhub di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat atau di lokasi keberangkatan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat