androidvodic.com

Panglima TNI Sambut Pasukan yang Rampungkan Misi Kemanusiaan Solidarity Path Operation di Palestina - News

News, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyambut kedatangan pesawat Hercules TNI AU C-130 J (A-1340) di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma pada Kamis (11/4/2024) 17.00 WIB.

Pesawat tersebut sebelumnya membawa personel TNI yang berhasil menyelesaikan misi negara untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Gaza di Palestina

Personel TNI yang terlibat dalam misi tersebut kembali tiba di tanah air setelah melaksanakan misi bantuan kemanusiaan kurang lebih 14 hari terhitung sejak 29 Maret 2024 Hercules TNI AU C-130 J (A-1340) berangkat menuju Jordania membawa bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza, Palestina

"Kedatangan Hercules C 130 J (A-1340) dengan mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto Danwing I Halim Perdanakusuma bersama 26 personel tiba dengan selamat di tanah air yang membawa misi bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza, Palestina dengan sandi “Solidarity Path Operation”," kata keterangan resmi Puspen TNI pada Jumat (12/4/2024).

"Partisipasi dalam "Solidarity Path Operation" merupakan pembuktian kemampuan TNI dalam interoperapibilitas dengan militer negara lain sekaligus sebagai keberhasilan dari kemampuan diplomasi militer di percaturan internasional," sambung keterangan tersebut.

Baca juga: Pengendara Fortuner Pelat TNI Tabrak Mobil di Tol Japek, Marah Ngaku Pengacara hingga Adik Jenderal 

Dalam amanatnya Agus juga bersyukur pelaksanaan bantuan kemanusiaan dengan metode air drop terlaksana satu hari sebelum hari raya Idulfitri.

Menurutnya, pelaksanaan misi tersebut tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat guna karena bermanfaat untuk membantu meringankan beban saudara-saudara yang ada di Palestina.

Agus juga melaksanakan penyematan penghargaan Dharma Pertahanan secara simbolis kepada personel yang telah sukses melakukan misi bantuan kemanusiaan di Gaza,Palestina.

Dalam acara tersebut, turut hadir para Kepala Staf Angkatan dan  pejabat di lingkunga Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU.


Bantuan Kemanusiaan Diterjunkan di Gaza

Pesawat Hercules TNI AU C 130 J akhirnya dapat menerjunkan bantuan kemanusian di wilayah udara Palestina, Gaza pada Selasa (9/4/2024) setelah beberapa hari menunggu perizinan untuk melaksanakan penerjunan bantuan dengan metode air drop.

Misi dengan sandi, "Solidarity Path Operation" tersebut berlangsung mulai tanggal 8 sampai 11 April yang diikuti oleh beberapa negara di antaranya Indonesia, AS, Jerman, Perancis, Inggris, Belanda, UEA, Jordania, dan Mesir.

Pesawat TNI AU Republik Indonesia telah berhasil menerjunkan bantuan kemanusiaan di Gaza pada Selasa (9/4/2024) sore.
Pesawat TNI AU Republik Indonesia telah berhasil menerjunkan bantuan kemanusiaan di Gaza pada Selasa (9/4/2024) sore. (Tangkapan layar Twitter/Kemhan_RI)

Pada kesempatan itu, Indonesia  menerjunkan bantuan berupa bahan pangan sebanyak 20 paket bermuatan masing-masing 160 kg dengan total 3200Kg. 

Penerjunan dilakukan dengan metode low cost low altitude (LCLA). 

Pesawat berangkat dari King Abdullah II (KA2) Airbase Airport (OJKA) di Zarqa, Yordania, pada pukul 11.36 waktu setempat (15.36 WIB) dan mencapai lokasi  penerjunan Dropping Zone di Gaza pukul 12.50 waktu setempat (16.50 WIB).

Pesawat Hercules C130 J (A-1340) dengan mission Commander Kol Pnb Noto Casnoto beserta 26 personel mendarat dalam keadaan aman di King Abdullah II pada pukul 13.47 waktu setempat (17.47 WIB).

Pesawat segera bertolak kembali ke tanah air dengan rencana tiba tanggal 11 April 2024 di Bandara Halim Perdanakusuma.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi yang baik antara TNI dan tentara Yordania ini,” kata Kolonel Pnb Noto Casnoto dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Selasa (9/4/2024).

Pengiriman bantuan via udara tersebut juga merupakan hasil dari diplomasi dan hubungan baik antara Indonesia dengan Yordania.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat