androidvodic.com

Arus Balik dari Sumatera ke Jawa Masih Landai, Peningkatan Diprediksi Mulai Malam Ini dan Besok - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JAKARTA - Korlantas Polri menyebut arus balik mudik Lebaran 2024 dari Pulau Sumatera ke Jawa masih terbilang landai hingga Minggu (14/4/2024) sore atau di H+4 lebaran.

Hal ini diketahui setelah Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan melakukan pemantauan langsung di sejumlah Pelabuhan di Lampung termasuk Bakauheni.

"Ini kita belum menerapkan strategi delaying system, artinya arus lalu lintas yang mau masuk ke pelabuhan ini masih lancar. Di pelabuhan juga masih, kapasitas volume rasionya masih rendah ya. Masih banyak parkir yang tersedia," kata Aan kepada wartawan di Command Center KM 29 Tol Japek, Minggu.

Meski begitu, Aan memprediksi kenaikan volume kendaraan yang akan menyeberang dari Pulau Sumatera ke Jawa meningkat mulai malam hari ini hingga esok hari.

"Jadi kalau saya lihat kalau di mana, di lampung itu di bekauheni masih ada sekitar 80 persen yang belum kembali. Artinya mungkin besok, hari ini, malam ini, besok kemungkinan akan terjadi arus yang menyebrang ke Jawa," ucapnya.

Selain itu, landainya arus lalu lintas juga terpantau di Pelabuhan Ciwandan yang menjadu pelabuhan khusus sepeda motor dan kendaraan kecil ini.

"Kemudian Pelabuhan BBJ juga untuk angkutan barang ini masih lancar normal ya, malah cenderung landai untuk BBJ ini," ungkapnya.

"Jadi secara keseluruhan arus yang akan menyebrang ke Jawa dari Sumatera ini masih normal. Memang ada peningkatan dari normal biasa tapi tidak signifikan," ucapnya.

Puncak Arus Balik

Sebelumnya, Korlantas Polri memprediksi puncak arus balik mudik lebaran 2024 akan terjadi mulai Minggu (14/4/2024) dan Senin (15/4/2024).

"(Puncak arus balik) hari Minggu dan Senin," kata Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan kepada wartawan, Jumat (12/4/2024).

Untuk itu, Aan meminta kepada masyarakat agar tidak balik ke kediaman masing-masing setelah mudik pada puncak arus balik tersebut untuk menghindari kemacetan.

"Jangan tunggu puncak (arus balik), atau kami juga mengimbau menunda balik setelah tanggal 17, 18, 19 (April). Tol juga memberi potongan harga di tanggal 17, 18, 19 (April)" ucapnya.

Baca juga: Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi Arah Jakarta Padat, Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Sampai Besok

Di lain sisi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah mengusulkan kebijakan kerja dari rumah alias WFH kepada Presiden Joko Widodo. 

Opsi ini diambil untuk memecah kepadatan lalu lintas kendaraan pada arus balik lebaran 2024.

Budi menyebut WFH itu diusulkan berlaku pada Selasa (16/4/2024) dan Rabu (17/4/2024). Harapannya, ini bisa memecah keberangkatan para pekerja kembali ke Jakarta dengan waktu yang bersamaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat