androidvodic.com

Arti Allahummaghfir Lil Muslimina Wal Muslimat Wal Muminina Wal Mukminaat, Doa Ampunan Umat Muslim - News

News - Berikut arti dari doa 'Allahummaghfir Lil Muslimina Wal Muslimat Wal Muminina Wal Mukminaat', doa ampunan umat muslim.

Doa tersebut merupakan salah satu doa yang sering dipanjatkan oleh umat Islam.

Doa 'Allahummaghfir Lil Muslimina Wal Muslimat Wal Muminina Wal Mukminaat' biasa dipanjatkan pada khutbah Jumat dan juga acara keagamaan lainnya.

Tujuan dari doa itu yakni memohon ampunan untuk seluruh umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan.

Berikut doa mohon ampunan seluruh umat muslim dalam tulisan Arab, latin, lengkap dengan artinya.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ

Allahmmaghfir lilmuslimiina wal muslimaat, wal mu’miniina wal mu’minaat, al ahyaa i minhum wal amwaat, innaka samii’un qoriibun mujiibud da’waat.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah seluruh kaum muslimin dan kaum muslimat, kaum mukminin dan kaum mukminat, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, Sesungguhnya, Engkau adalah Dzat yang Maha Mendengar, Mahadekat, Dzat yang mengabulkan doa".

Selain itu, terdapat pula doa mohon ampunan kepada Allah.  Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا، وَتَوَفَّنَا مَعَ الأبْرَارِ

Rabbana faghfirlana zunubana wa kaffir anna sayyiatina wa tawaffana maal abrar

Baca juga: Arti Bacaan Robbana Faghfirlana Dzunubana Wakaffir Anna, Doa Mohon Ampunan

Artinya: "Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti".

Bacaan doa ini diambil dari ayat Alquran QS Ali Imran: 193 sebagai berikut.

رَبَّنَآ اِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُّنَادِيْ لِلْاِيْمَانِ اَنْ اٰمِنُوْا بِرَبِّكُمْ فَاٰمَنَّا ۖرَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْاَبْرَارِۚ

Rabbanā innanā sami‘nā munādiyay yunādī lil-īmāni an āminū birabbikum fa āmannā, rabbanā fagfir lanā żunūbanā wa kaffir ‘annā sayyi'ātinā wa tawaffanā ma‘al-abrār(i).

Artinya: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru pada keimanan, yaitu ‘Berimanlah kamu kepada Tuhanmu,’ maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang selalu berbuat kebaikan.

Adapun ciri orang yang bertakwa seperti kata Allah dalam Alquran Surat Ali Imran 133-134, salah satunya segera mohon ampun kepada Allah.

Karenanya mengucapkan istighfar dan berdoa memohon ampunan sangat dianjurkan untuk diamalkan kapanpun.

Istighfar dijadikan sebagai zikir dan wirid sepanjang hari, seperti yang dilakukan Rasulullah SAW yang senantiasa beristighfar setiap hari sebanyak lebih dari tujuh puluh kali (HR Bukhari).

Baca juga: Arti Alhamdulillahilladzi Bi Nimatihi Tatimmush Shalihat, Doa saat Melihat Hal yang Disuka

Kita tahu bahwa Alquran banyak mengajarkan tentang doa-doa untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT, seperti doa yang dibaca oleh Nabi Adam AS, yang berbunyi.

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Qālā rabbanā ẓalamnā anfusanā wa illam tagfir lanā wa tarḥamnā lanakūnanna minal-khāsirīn(a).

Artinya: Keduanya berkata, “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan tidak merahmati kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.” (QS al-A’raf: 23).

(News/Bangkit N)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat