androidvodic.com

Sandiaga Uno: Inovasi Swasta dan Akademisi Mampu Ciptakan Stabilitas Harga - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan interaksi antara pemerintah dan sektor swasta dan akademisi mampu menghasilkan inovasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sandiaga pada pertemuan terbatas Blue Ocean Strategic Fellowship (BOSF) Business Roundtable dengan pelaku bisnis tentang bagaimana lapangan pekerjaan dan stabilitas harga menjadi kunci menuju ekonomi Indonesia yang berkelanjutan di The Emerald Room, Fairmont Jakarta, Minggu (21/04/2024).

Dalam hal ini, Sandiaga menjadi Distinguished Fellow BOSF.

"Kita melihat bagaimana terobosan inovasi dengan pendekatan Blue Ocean atau Samudera Biru ini bisa menghasilkan lapangan kerja dan peningkatan kualitas ekonomi masyarakat terutama dalam menghadapi tekanan daya beli yang turun dengan menghadirkan stabilitas harga dan juga keterjangkauan harga bagi masyarakat kita,” ujar Sandi melalui keterangan tertulis, Minggu (21/04/2024).

Pertemuan ini menghadirkan para pimpinan dan/atau manajemen eksekutif perusahaan, baik dari startup besutan anak bangsa maupun perusahaan multinasional (MNC).

Pada kesempatan ini, Distinguished Fellow Sandi memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk bertukar pikiran seputar tantangan-tantangan yang dihadapi saat ini dan solusinya.

“Pemerintah hadir dengan kedisiplinan institusi, di sisi lain, sektor privat hadir untuk mendorong inovasi. Oleh sebab itu, saya selalu menekankan betapa krusialnya konsep PPP (Public Private Partnership), tidak bisa yang satu berjalan sendiri tanpa yang lainnya," ucap Sandi.

"Tentu harapannya, kita terus bergerak agar dapat menciptakan regulasi yang semakin ramah inovasi, regulasi yang mendorong inovasi dan mengurangi risiko-risiko yang selama ini dihadapi para pelaku bisnis, misalnya melalui pendekatan Big Data, AI, dan berbagai teknologi lainnya,” tambahnya.

Kegiatan Business Roundtable ini turut dihadiri oleh CEO & Chief Designer, Blue Ocean Global Network & Blue Ocean Academy Dr. Robert Bong, CEO School of Government and Public Policy (SGPP) Ony Avrianto yang juga menjabat sebagai Co-chair program BOSF di Indonesia, Program Director BOSF di Indonesia Indra Dwi Prasetyo, CEO Sandinomics Alexander Yahya Datuk, jajaran Sampoerna University, jajaran School of Government and Public Policy (SGPP)

Serta jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Hadir sebagai fasilitator diskusi, Netta Sjafei dari School of Government and Public Policy (SGPP).

Pengalaman panjang seorang Sandi sebagai entrepreneur dan kini Menparekraf menjadikannya jeli, bukan hanya sebagai pelaku bisnis yang meniptakan peluang pemberdayaan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja, namun juga di tingkat perumusan kebijakan publik.

Hal inilah yang membuat Blue Ocean Strategy Fellowship mendapuknya sebagai Distinguished Fellow dalam periodisasi Oktober 2023 hingga April 2024.

"Konsep yang digagas Bapak Sandiaga Uno melalui Sandinomics terkait lapangan kerja dan stabilitas harga menjadi landasan fellowship selama enam bulan terakhir ini," ujar CEO & Chief Designer, Blue Ocean Global Network & Blue Ocean Academy Dr. Robert Bong.

Baca juga: Sandiaga Uno Berharap Prabowo Pilih Seorang Perempuan Menduduki Posisi Menparekraf

Dirinya berharap, apa yang BOSF kerjakan di Indonesia dalam kurang lebih satu tahun terakhir ini dapat menjadi kontribusi positif

Adapun BOSF adalah program thought leadership yang bertujuan untuk menghasilkan pendekatan inovasi yang efektif untuk memecahkan isu atau permasalahan pada sektor publik dan swasta di Indonesia.

BOSF diselenggarakan melalui kerja sama dengan Sampoerna University (SU), School of Government and Public Policy (SGPP) Indonesia dan Blue Ocean Global Network.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat