androidvodic.com

Profil Ipuk Fiestiandani, Bupati Banyuwangi yang Terima Penghormatan Satyalancana, Istri Menpan-RB - News

News - Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menerima tanda penghormatan Satyalancana Karya Praja Nugraha yang bakal diberikan dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/4/2024).

Ipuk menjadi satu dari 14 kepala daerah berprestasi yang menerima tanda penghormatan tersebut.

Adapun di antaranya Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa; Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi; hingga Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution.

Dikutip dari Tribun Jatim, diberikannya Satyalancana kepada Ipuk lantaran dianggap telah berhasil mempertahankan predikat kabupaten berkinerja terbaik nasional selama dua tahun berturut-turut.

Adapun penilaian tersebut berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan 10 aspek kinerja yang diantaranya seperti pendidikan, pelayanan kesehatan, perlindungan anak, hingga pemberdayaan ekonomi rakyat.

"Bupati Banyuwangi menerima karena sejumlah prestasi terkait 10 aspek di atas. Mulai turunnya angka stunting, angka kemiskinan, peningkatan kapasitas desa lewat TIK. Termasuk keterlibatan masyarakat dalam pembangunan daerah," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Mujiono.

Lalu seperti apa profil dari Ipuk Fiestiandani? Berikut ulasannya.

Profil Ipuk Fiestiandani

Ipuk Fiestiandani adalah sosok kelahiran Magelang pada 10 September 1974 dan lulusan IKIP Jakarta pada 1999.

Baca juga: Fakta Pemberian Satyalancana di Surabaya: Jokowi Tak Hadir dan Diwakili Tito, Gibran Batal Terima

Dia merupakan istri dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Azwar Anas.

Senada dengan sang suami, dia merupakan kader dari PDIP.

Masih dikutip dari Tribun Jatim, Ipuk dilantik menjadi Bupati Banyuwangi pada 26 Februari 2021 menggantikan sang suami.

Jabatan Bupati Banyuwangi ini dirinya raih ketika menjadi kontestan dalam Pilkada Banyuwangi 2020 dan berpasangan dengan wakilnya yang merupakan sesama kader PDIP, Sugirah.

Pada saat itu, dirinya melawan petahana yaitu Wakil Bupati Banyuwangi dua periode, Yusuf Widiatmoko yang berpasangan dengan Muhammad Riza Azizy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat