androidvodic.com

Jadi Sorotan di Kasus Brigadir RAT, Kombes Julianto Lebih Kaya dari Kapolda Sulut dan Kabareskrim - News

News - Kapolresta Manado, Kombes Julianto Sirait tengah menjadi sorotan usai tewasnya salah satu anak buahnya yaitu anggota Satlantas Polresta Manado, Brigadir Ridhal Ali Tomi (RAT) lantaran mengakhiri hidup saat berada di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pasca peristiwa ini, Julianto pun diperiksa oleh Propam Polda Sulut terkait tahu atau tidaknya alasan Brigadir RAT menjadi ajudan seorang pengusaha di Jakarta tanpa izin dari pimpinan.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sulawesi Utara, Kombes Michael Irwan Tamsil.

"Pak Kapolda memerintahkan Kabid Propam untuk melakukan pemeriksaan terhadap atasannya baik Kasatlantas dan Kapolresta-nya untuk dilakukan pemeriksaan terkait dengan keberadaan Brigadir RAT di Jakarta," kata Michael saat dihubungi, Senin (29/4/2024).

Di sisi lain, Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso mengatakan Kombes Julianto bisa saja dicopot dari jabatannya terkait kasus ini.

Adapun pernyataan Sugeng ini menjawab pertanyaan terkait apakah Kombes Julianto dan bisa dipecat terkait penyebab Brigadir RAT ke Jakarta tanpa izin dari mereka.

"Ini sanksinya tidak berat, ya. Sanksinya paling kalau terbukti pencopotan dari jabatan saja," katanya kepada News, Selasa (30/4/2024).

Tak hanya itu, kontroversi dari Julianto juga terjadi di luar kasus tewasnya Brigadir RAT yaitu terkait harta kekayaannya.

Berdasarkan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Julianto lebih kaya dari perwira tinggi (Pati) Polri seperti atasannya sendiri yaitu Kapolda Sulut, Irjen Yudhiawan Wibisono.

Baca juga: Sosok Kapolresta Manado, IPW Curiga Brigadir RAT jadi Pengawal Pengusaha di Jakarta Atas Izin Atasan

Bahkan kekayaan Kombes Julianto turut melampaui harta milik jenderal polisi bintang tiga seperti Kabareskrim, Komjen Wahyu Widada.

Kekayaan Kombes Julianto Tembus Rp 9,4 M, Hartanya Kalahkan Dua Pati

Berdasarkan LHKPN periodik 2022 yang dilaporkan pada 31 Desember 2023, harta Julianto menembus Rp 9,4 miliar dan tidak memiliki utang.

Adapun mayoritas sumber hartanya berasal dari dua tanah dan bangunan yang berada di Bandar Lampung senilai Rp 5,5 miliar.

Selain itu, sumber terbesar kedua harta Kombes Julianto berasal dari kas dan setara kas yaitu sebesar Rp 3,2 miliar.

Kemudian, dia juga memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai Rp 460 juta serta satu mobil Honda CRV produksi tahun 2014 senilai Rp 250 juta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat