androidvodic.com

Penyelarasan Kurikulum Merdeka dengan Internasional Dorong Kemajuan Pendidikan di Indonesia - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Mendikbudristek No.12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Melalui peraturan ini, Kurikulum Merdeka ditetapkan secara resmi menjadi kerangka dasar dan struktur kurikulum untuk seluruh satuan pendidikan di Indonesia.

Kurikulum Merdeka akan mulai diimplementasikan secara nasional pada 2024.

Lembaga penyelenggara sertifikasi kurikulum global, Mentari Assessment, mengumumkan penandatanganan kontrak kerja sama dengan OxfordAQA sebagai Exclusive Associate Partner untuk pengembangan kurikulum.

Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap kurikulum internasional berkualitas tinggi kepada sekolah-sekolah di Indonesia.

"Kerja sama ini merupakan langkah yang signifikan dalam komitmen Mentari Assessment untuk mendukung sekolah dan lembaga pendidikan dalam pengembangan kurikulum berstandar global yang juga selaras dengan kurikulum Merdeka," ujar Direktur Mentari Assessment, Djuni Rimba, melalui keterangan tertulis, Jumat (3/5/2024).

OxfordAQA International sendiri merupakan hasil kolaborasi Oxford University Press sebagai penerbit terbesar dan terpercaya di dunia dan AQA sebagai badan sertifikasi terbesar di UK (United Kingdom) untuk jenjang GCSE (General Certificate of Secondary Education)dan AS dan A-level (Advanced level).

Sebagai exclusive associate partner, Mentari Assessment akan menjembatani penyediaan kualifikasi International kepada pihak sekolah di Indonesia.

Hal ini menjadikan Mentari Assessment sebagai pusat informasi dan interaksi tentang kualifikasi lembaga tersebut.

"Kami berharap program ini dapat menjadi opsi dan inovasi baru dalam memberikan kualitas pendidikan berstandar global di Indonesia," ucapnya.

Sesuai dengan komitmen Mentari Assessment yang disebutkan di atas, saat ini Mentari Assessment sudah mengadakan sertifikasi ujian bahasa Inggris yang telah diikuti oleh lebih dari 100 sekolah, 14.000 lebih peserta, di lebih dari 25 kota di Indonesia.

Kemudian kualifikasi OxfordAQA International sendiri sudah diakui secara global oleh institusi pendidikan di seluruh dunia dan setara dengan ujian di Inggris.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat