androidvodic.com

Kapan Founder Sriwijaya Air Hendri Lie Diperiksa Sebagai Tersangka Korupsi Timah? Ini Kata Kejagung - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadilla

News, JAKARTA - Hingga kini seorang tersangka kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah masih bertatus di luar rumah tahanan (Rutan), tak seperti tersangka yang lainnya yang sudah ditahan.

Dia adalah Owner PT Tinindo Internusa, Hendry Lie yang diketahui juga menjadi founder perusahaan penerbangan Sriwijaya Air.

Terkait pemeriksaan sebagai tersangka pun pihak Kejaksaan Agung sejauh ini masih enggan membeberkan.

Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, pemeriksaan Hendry Lie sebagai tersangka baru akan diumumkan begitu rampung dilakukan tim penyidik.

Baca juga: Usut Korupsi Timah, Kejaksaan Agung Dinilai Tengah Benahi Sektor Tambang

"Kami enggak mau ngomong, oh besok, besok. Setelah dirilis baru kami sampaikan ke media," kata Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana, Minggu (5/5/2024).

Meski jadwalnya tak akan diberi tahu, Kejagung memastikan bahwa Hendry Lie yang sudah berstatus tersangka akan dipanggil untuk menjalani pemeriksaan.

"Ya kalau sudah dijadikan tersangka pasti akan diperiksa," kata Ketut.

Sebelumnya pada hari penetapan tersangka, Kejaksaan Agung mengumumkan bahwa tersangka Hendry Lie tak mengindahkan pemanggilan untuk pemeriksaan.

Katanya, tersangka dalam kondisi sakit pada saat itu.

"Di mana salah satu dari saksi yang kami panggil yaitu saudara HL tidak bisa hadir karena sakit," ujar Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) Kejaksaan Agung, Kuntadi, Jumat (26/4/2024).

Dalam perkara ini Hendry Lie telah ditetapkan tersangka pada hari yang sama dengan adiknya, Fandy Lingga, Jumat (26/4/2024).

Mereka disebut-sebut berperan membentuk perusahaan-perusahaan boneka.

Perusahaan boneka yang dibentuk Hendry Lie dan Fandy Lingga yakni CV BPR dan CV SMS.

Baca juga: Founder Sriwijaya Air Tak Ditahan Meski Sudah Tersangka Korupsi Timah, Kejagung: Katanya Sakit

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat