androidvodic.com

Pesan Halalbihalal MUI 1445 H: Apapun Agama dan Kepercayaannya, Jangan Lupakan Derita Palestina - News

News - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar acara Halalbihalal MUI 1445 H di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Selasa (07/05/2024).  Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan kemanusiaan untuk Palestina dari Rakyat Indonesia melalui Baznas sebesar Rp9,3 miliar

Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Arif Fahrudin menyebut, kegiatan ini lebih dari sekadar silaturahmi rutin tahunan, tetapi juga momen penting bagi segenap elemen bangsa untuk menguatkan solidaritas umat.

"MUI ingin merawat tali silaturahmi dengan berbagai mitra kerja dan komponen bangsa untuk memperkuat persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan sinergi dan integrasi berbagai potensi untuk kemaslahatan dan kemajuan bersama,” ungkap Arif.

Pada kegiatan ini, MUI juga menggaungkan kembali pesan kemanusiaan universal yang kini menjadi sumber keprihatinan dunia seiring berlanjutnya genosida di Gaza, Palestina, oleh rezim Zionis Israel. 

Serangan tanpa henti Israel atas wilayah Gaza dan Palestina sejak Oktober 2023 memicu genosida yang belum pernah disaksikan dunia. Selain kehancuran total Gaza, tercatat lebih dari 35.000 orang warga Palestina tewas, di mana separuh lebih antaranya adalah anak-anak dan kaum perempuan. 

"Kami ingin mengingatkan masyarakat luas, terlepas apapun agama dan kepercayaannya, untuk tidak melupakan derita bangsa Palestina, khususnya di Gaza, yang sudah berbulan-bulan lebih menjadi sasaran genosida Israel," katanya. 

Arif menyebutkan, kejahatan genosida yang terjadi tidak boleh dibiarkan berlalu begitu saja, terlebih MUI juga telah mengeluarkan Fatwa terkait pentingnya membantu perjuangan bangsa Palestina.

Melalui Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang "Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina" yang dikeluarkan pada November 2023 lalu, MUI merekomendasikan umat Islam agar semaksimal mungkin menghindari transaksi dan penggunaan produk yang terafiliasi dengan Israel serta yang mendukung penjajahan dan zionisme.

Meskipun tidak mengeluarkan daftar produk pro-Israel, MUI mempersilakan lembaga dan masyarakat, termasuk kalangan peneliti dan akademisi, untuk menggali informasi secara independen untuk mengetahui mana dari produk yang beredar luas di tengah masyarakat yang memiliki keterkaitan dengan Israel.

Selain itu, menjelang Ramadan 2024 lalu, MUI juga telah mengeluarkan instruksi (irsyadat) agar Muslimin berpantang dari apapun yang diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan lokal maupun internasional yang terafiliasi dengan Israel.

Sebagai informasi, sejumlah pejabat tinggi turut hadir dalam kegiatan halalbihalal nasional ini, diantaranya Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin, Wapres RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, Wapres RI ke-6 Tri Sutrisno. Selain itu, hadir pula Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Mendagri Tito Karnavian, dan Gubernur BI Perry Warjiyo, jajaran pimpinan pusat MUI, perwakilan MUI dari seluruh provinsi serta Duta Besar negara-negara sahabat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat