androidvodic.com

5 Menteri Jokowi yang Diprediksi Tetap Bertahan di Kabinet Prabowo, Tak Ada Nama Bahlil dan Retno - News

News, JAKARTA - Prabowo-Gibran dikabarkan mulai menggodok nama-nama yang akan masuk dalam kabinetnya.

Penyusunan ini diprediksi tak mudah karena harus mengakomodir kepentingan banyak pihak, terutama mereka yang merasa telah "berkeringat" membela Prabowo di Pilpres lalu.

Sejumlah nama baru disebut bakal menghiasi kabinet Prabowo-Gibran, sebagaimana ada juga nama-nama menteri di era Jokowi yang bakal bertahan di sana.

Siapa saja nama dan profil mereka? Berikut lima menteri Jokowi yang diprediksi masih bertahan di pemerintahan Prabowo-Gibran.

1. Pratikno

Pria yang kini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) ini kerap disebut mempunyai kedekatan khusus dengan Jokowi.

Namanya konon masuk dalam daftar orang yang dititipkan Jokowi ke Prabowo agar bisa kembali masuk kabinet.

Isu ini sendiri sempat dibantah oleh Pratikno.

Meski ketika dikonfirmasi apakah ia mau menjadi menteri kembali di pemerintahan Prabowo-Gibran, Pratikno tidak menjawab secara tegas.

Pratikno dipercaya Jokowi sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) dalam kabinetnya dua periode 2014-2024.

Sebelum diangkat menjadi Mensesneg pada 2014 lalu, Pratikno dikenal sebagai seorang akademisi. Ia merupakan Rektor ke-14 Universitas Gadjah Mada (UGM) yang menjabat tahun 2012.

Laki-laki kelahiran Bojonegoro 13 Februari 1962 itu juga tercatat pernah menjadi Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UGM 2001-2004.

Pratikno mempunyai rekam jejak panjang di UGM. Latar belakang pendidikan Pratikno erat dengan ilmu politik dan pemerintahan.

Pratikno juga menjadi moderator debat capres tahun 2009. Kemudian sebagai tim seleksi anggota KPU RI dan Bawaslu RI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat