androidvodic.com

Jalur Mandiri Unpad Prestasi Non Akademik 2024: Syarat, Cara Daftar, Jadwal - News

News - Berikut ini informasi seleksi mandiri Universitas Padjadjaran (Unpad) tahun 2024 jalur minat dan bakat/prestasi non akademik.

Seleksi jalur mandiri Unpad 2024 prestasi non akademik ini juga menggunakan skor nilai UTBK-SNBT 2024 dan nilai rapor semester 1-5.

Untuk syarat khususnya, calon mahasiswa baru wajib memiliki salah satu prestasi yang dibuktikan dengan piagam penghargaan/sejenisnya.

Pendaftaran jalur mandiri Unpad 2024 prestasi non akademik ini dibuka pada 29 April 2024 – 31 Mei 2024 di laman smup.unpad.ac.id.

Selengkapnya, simak syarat dan jadwal seleksi jalur mandiri Unpad 2024 prestasi non akademik di bawah ini.

Syarat Umum:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Semua lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022, 2023, dan 2024 atau peserta didik paket C dengan umur maksimal 22 tahun per 1 Juli 2024.
  3. Pendaftar harus memiliki skor nilai SNBT-UTBK 2024.
  4. Pendaftar memiliki prestasi di bidang Riset dan Inovasi, Olahraga, Seni Budaya, Pengahafal Kitab Suci dan Kegiatan Keagamaan Lainnya yang dibuktikan dalam bentuk portofolio dan dokumen prestasi lainnya.

Syarat Khusus:

1. Merupakan 25 persen siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1–5 bagi lulusan SMA/MA/SMK (khusus pendaftar prestasi SAINS) yang ditunjukkan dengan Rapor asli.

2. Pendaftar kluster seni bidang orchestra/seni musik/paduan suara/seni suara harus dapat membaca partiture dengan menunjukkan sertifikat asli.

3. Memiliki salah satu prestasi di bawah ini:

  • Riset and Inovasi
    Prestasi dalam bidang Riset dan Inovasi meliputi prestasi/penghargaan yang diraih dalam ajang kompetisi karya tulis ilmiah, olimpiade bidang Sains dan Teknologi dan Olimpiade bidang sosiohumaniora seperti OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan Kompetisi Inovasi Kewirausahaan.
  • Olahraga
    Prestasi dalam bidang olahraga meliputi prestasi/penghargaan yang diraih dalam ajang kompetisi resmi cabang olahraga terkait baik yang bersifat single event maupun multievent yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah atau pun swasta yang terekognisi, seperti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS), Pekan Olahraga Nasional, dan sejenisnya.
  • Seni Budaya
    Prestasi dalam bidang seni budaya meliputi prestasi/penghargaan yang diraih dalam kompetisi bidang bahasa, kesenian, dan kompetisi terkait kebudayaan lainnya, seperti lomba pidato bahasa, lomba menulis essay, puisi, fotografi dan sejenisnya, yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah atau pun swasta yang terekognisi, misalnya Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan sejenisnya.
  • Penghafal Kitab Suci and Kegiatan Keagamaan Lainnya
    Prestasi dalam bidang ini meliputi prestasi/penghargaan yang diraih dalam berbagai cabang perlombaan pada ajang kompetisi Musabaqoh Tilawatil Qur’an bagi siswa yang beragama Islam dan prestasi/penghargaan yang diraih dalam berbagai ajang kompetisi sejenis lainnya dalam bidang agama lain bagi siswa yang beragama Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan agama resmi lainnya yang diakui oleh Negara Republik Indonesia.

4. Peserta hanya dapat mengirimkan 1 prestasi terbaiknya di sistem pendaftaran.

5. Surat pernyataan kesanggupan akan aktif di UKM. (Download)

6. Mengunggah dokumen/video portofolio kegiatan/ prestasi di sistem pendaftaran.

Cara Daftar Jalur Mandiri Unpad 2024 Prestasi Non Akademik:

  1. Masuk ke laman https://smup.unpad.ac.id untuk memilih jalur seleksi, pilih Jalur Mandiri SMUP, lalu pilih Minat dan Bakat/Prestasi Non Akademik;
  2. Pilih program studi, urutan pilihan program studi menentukan prioritas hasil kelulusan seleksi;
  3. Pilih metode pembayaran yaitu melalui Bank atau Virtual Account;
  4. Lengkapi data dan persyaratan lain:
    - Data Profil
    - Data Pendidikan
    - Data Keluarga
    - Data Biaya Pendidikan
    - Data Sertifikat
    - Data Persyaratan Khusus;
  5. Finalisasi akhir pendaftaran jika semua data sudah lengkap.

*) Ketentuan pemilihan prodi:

  1. 1 Prodi: Bebas pilih 1 Sarjana / 1 Sarjana Terapan
  2. 2 Prodi: 2 Sarjana / 2 Sarjana Terapan / 1 Sarjana dan 1 Sarjana Terapan
  3. 3 Prodi: 2 Sarjana dan 1 Sarjana Terapan / 1 Sarjana dan 2 Sarjana Terapan
  4. 4 Prodi: 2 Sarjana dan 2 Sarjana Terapan / 1 Sarjana dan 3 Sarjana Terapan.

Jadwal Seleksi:

  • Pendaftaran: 29 April 2024 – 31 Mei 2024
  • Pengumuman: 7 Juli 2024 – 31 Juli 2024.

(News/Yunita Rahmayanti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat