androidvodic.com

Program Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri Disebut Mampu Bangun Jaringan Internasional Mahasiswa - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Minat mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri sangat tinggi.

Hal ini terlihat dari data yang diterbitkan oleh UNESCO per Februari 2024, di mana Indonesia menempati peringkat kedua sebagai negara ASEAN dengan jumlah mahasiswa terbanyak yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri, yakni sebanyak 59.224 orang.

Salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang memiliki program pertukaran pelajar adalah Universitas Pelita Harapan (UPH).

Di bawah naungan Global Partnerships & International Office (GPIO), UPH menghadirkan Student Mobility Program yang memiliki tiga program pertukaran pelajar, yakni Student Exchange, Study Abroad, dan Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA).

SMP adalah program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk studi di luar negeri selama  satu sampai dengan dua semester.

“Kegiatan Student Mobility Program yang beragam dapat memberikan opsi dan peluang bagi mahasiswa UPH agar mendapatkan pengalaman pendidikan dan budaya yang tak ternilai harganya, termasuk kesempatan untuk mengembangkan pribadi yang lebih mandiri dan berwawasan lebih luas lagi," kata Manager International Office (IO) UPH Giovani Prayitno melalui keterangan tertulis, Rabu (8/5/2024).

Manfaat pertukaran pelajar ke luar negeri bagi mahasiswa, adalah pengalaman belajar yang berbeda.

Program pertukaran pelajar juga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

"Lewat program pertukaran pelajar, mahasiswa dapat belajar tentang budaya dan tradisi baru, meningkatkan toleransi, pemahaman, dan penghargaan terhadap perbedaan budaya," katanya.

Program pertukaran juga membangun jaringan internasional.

Dengan program pertukaran pelajar, mahasiswa akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara, sekaligus menciptakan jaringan internasional yang berharga untuk karir masa depan. Jaringan ini dapat membuka pintu bagi peluang kerja internasional di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat