androidvodic.com

Korlantas Polri Kerahkan 2.446 Polantas Kawal World Water Forum Ke-10 di Bali - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Korlantas Polri menyiagakan ribuan personel untuk melakukan pengawalan hingga pengaturan lalu lintas saat kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan ada 2.446 personel baik dari Korlantas maupun anggota di wilayah Polda Bali yang akan dikerahkan.

"Kita akan mengerahkan 2.446 personel. Dari Korlantas sendiri akan kita BKO (bawah kendali operasi)-kan 1.530 personel yang akan di BKO-kan ke Polda Bali," kata Aan saat apel Pelepasan personel Pakwalrolakir di kantor Korlantas Polri, Jakarta, Kamis (9/5/2024).

Selain itu pihaknya juga akan mengirimkan ratusan kendaraan baik kendaraan listrik maupun Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Jumat (10/5/2024) besok.

Baca juga: Pesan Prabowo soal Sinergitas TNI-Polri: Pertahankan Persatuan dan Kesatuan Agar Negara Kuat

"Pada tanggal 10 besok kita akan berangkatkan serentak dari seluruh Polda ke Bali, kemudian kita juga akan mem-BKO-kan 310 unit kendaraan baik itu roda 2, roda empat, listrik, maupun fosil," ucapnya.

Nantinya kendaraan listrik itu akan digunakan untuk melakukan pengawalan terhadap sejumlah kepala negara yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Diketahui akan ada 170 negara dengan 17.000 lebih delegasi yang akan mengikuti WWF ke-10 di Bali.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan memimpin apel Pelepasan Personel Pengamanan, Pengawalan Rute dan Perparkiran (Pamwalrolakir) untuk kegiatan World Water Forum (WWF) di Bali di Kantor Korlantas Polri, Jakarta, Kamis (9/5/2024).
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan memimpin apel Pelepasan Personel Pengamanan, Pengawalan Rute dan Perparkiran (Pamwalrolakir) untuk kegiatan World Water Forum (WWF) di Bali di Kantor Korlantas Polri, Jakarta, Kamis (9/5/2024). (News/Abdi Ryanda Shakti)

"Kita akan bergabung dengan teman-teman dari TNI untuk pengawalan kepala negara atau setingkat kepala negara maupun yang mewakili kepala negara," ucapnya.

Sebagai informasi, Indonesia telah siap menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) dengan digelarnya Kick-Off Meeting pada 15-16 Februari 2023 di Jakarta Convention Center.

Dalam hal ini, Polri bakal menggelar Operasi Puri Agung 2024 dalam rangka pengamanan agenda internasional World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Operasi yang akan digelar selama 10 hari mulai 17-26 Mei 2024 ini akan dipimpin langsung oleh Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran.

Baca juga: Polri Tangkap Ratusan Tersangka dan Minta 2.862 Website Judi Online Diblokir

"Yang dipimpin oleh Kabaharkam Polri selaku kepala operasi, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis (25/4/2024).

Trunoyudo mengatakan operasi ini bertujuan untuk menjamin keamanan dalam pelaksanaan ajang internasional itu.

Nantinya, Polri akan menjamin keselamatan para kepala negara, menteri, hingga delegasi yang hadir.

Total, ada 5.791 polisi yang dikerahkan dalam kegiatan pengamanan yang terdiri dari personel Mabes Polri, Polda Bali, Polda Jatim, dan Polda NTB.

"Terdapat 10 satuan tugas yang dibentuk dalam Operasi Puri Agung 2024. Yaitu Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgaspam Walrolakir, Satgaspam Tindak, Satgaspam Gakkum, Satgaspam Anti Teror, Satgas Humas, Satgas Banops, Satgaswil Jatim, dan Satgaswil NTB," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat