androidvodic.com

Jemaah Haji Tak Perlu Panik Jika Lupa Jalan di Masjidil Haram, Ada Petugas Siap Bantu 24 Jam - News

Laporan Wartawan Serambi, Khalidin dari Mekkah

News – Para jamaah haji diminta tidak perlu khawatir apalagi panik makala terjadi ketidaktauan jalan atau lupa saat berada di Masjidil Haram, Makkah Almukaramah.

“Kementerian Agama telah mengantisipasi potensi tersebut dengan menempatkan petugas PPIH sektor khusus di Masjidil Haram yang bekerja selama 24 jam saat musim haji,” kata Konsul Haji Kemenag Nasrullah Jasam kepada wartawan, Sabtu (11/5/2024).

Nasrullah Jasam mengatakan untuk mengantisipasi adanya jemaah yang tersesat tersebut pihaknya sudah menugaskan petugas PPIH di sektor khusus Masjidil Haram yang akan bekerja membantu jamaah haji.

Para petugas haji di sektor Masjidil Haram ini bekerja 24 jam dan diberlakukan dua shift. Shift pertama mulai pukul 09.00 pagi hingga 21.00 malam dan shift kedua dari pukul 21.00 malam hingga pukul 09.00 pagi, sehingga mereka siaga selama 24 jam.

“Memang sering kejadian adanya jamaah yang tersesat di Masjidil Haram sesuai melakukan tawaf di musim haji. Jumlahnya bisa puluhan setiap hari, tidak terkecuali tua atau muda dan ini sudah kita antisipasi,” kata Nasrullah Jasam.

Nasrullah mengatakan sektor khusus dipimpin petugas dari institusi TNI dan Polri. Mereka akan ditempatkan di sepuluh titik di Masjidil Haram.

"Apabila mereka (jamaah) tidak tahu nanti ada petugas yang berkeliling di sekitar sektor. Kan kita ada sektor khusus (di Masjidil Haram). Mereka akan langsung aktif memberikan arahan kepada jamaah," ujar Nasrullah ditemui di Daerah Kerja (Daker) Haji Madinah Kamis (9/05).

Baca juga: Begini Kondisi Kamar Hotel Pemondokan Jemaah Calon Haji asal Indonesia di Madinah

Untuk menghindari tersesat jemaah sebaiknya menghafalkan identitasnya serta rute dari hotel ke masjid.

"Jamaah juga bisa mengenali identitas petugas haji dari seragam rompi dan batik. Itu identifikasi sehingga nanti kalau nyasar nanti ketemu orang dengan seragam nah ini yang bisa mengantarkan saya," papar Nasrullah.

Baca juga: 4 Tips untuk Jemaah Haji Agar Terhindar dari Heatstroke di Tengah Cuaca Panas Arab Saudi

Dia juga mengingatkan kepada para ketua rombongan dan ketua regu untuk melakukan orientasi lapangan bagi para jemaahnya untuk menunjukkan tempat keluar dan masuk ke Masjidil Haram. Termasuk juga pintu keluar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat