androidvodic.com

5 Aksi Warga Terobos Paspampres demi Dekati Jokowi, Pernah Ada yang Lempar Sandal ke Presiden - News

News, JAKARTA - Aksi seorang pria yang mendekati Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024), viral.

Pria itu hampir menyentuh Jokowi sebelum anggota Paspampres langsung menghalaunya dan membawanya mundur ke belakang Presiden.

Aksi "menerobos" mendekati Jokowi seperti ini bukan kali pertama terjadi.

Dalam catatan redaksi, setidaknya ada lima kejadian warga berhasil mendekati presiden selama dua periode pemerintahannya.

Meski dalam perspektif keamanan, ini berpotensi membahayakan presiden, sejatinya hal di atas juga bisa mengindikasikan tingginya kepercayaan masyarakat kepada presiden, sekaligus (mungkin) ketidakpercayaan mereka terhadap pejabat di level-level bawah.

Seperti diketahui, motif gangguan atau serangan itu sendiri macam-macam, ada yang sekadar ingin mengungkapkan perasaan senang, ada pula yang ingin pendapatnya didengar.

Berikut ini adalah lima aksi "gangguan" terhadap Presiden Jokowi saat sedang kunjungan kerja ke daerah:

1. Ibu Berdaster Cegat Rombongan Presiden

Aksi seorang ibu alias emak-emak yang mengadang rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi), viral di media sosial.

Sang ibu nekat berbaring di tengah jalan saat rombongan mobil Presiden Jokowi yang melaju hendak menuju Kuta Mandalika dari Bandara Internasional Lombok.

Beruntung, pengemudi mobil yang ditumpangi Jokowi sigap sehingga langsung mengerem agar tidak menabrak emak berdaster itu.

Mulanya, terlihat warga berdiri di sepanjang bahu jalan untuk melihat rombongan Jokowi melintas.

Sambil mengibar-kibarkan bendera merah putih, mereka nampak antusias menyambut Presiden Jokowi meski hanya melintasi wilayah tersebut.

Di tengah keramaian warga, seorang ibu berlari menuju tengah jalan untuk mencegat mobil Presiden Jokowi sambil mengibarkan bendera Merah Putih di tangannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat