androidvodic.com

Guna Sterilisasi Tempat Acara, Datasemen K-9 Polri Turut Amankan World Water Forum Ke-10 di Bali - News

News - Kasubsatgas Sterilisasi dari Satuan Tugas (Satgas) Preventif Operasi Puri Agung 2024, Kombes Hari Muharram mengatakan, pengamanan KTT World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali melibatkan 34 anjing K-9. Adapun puluhan anjing K-9 tersebut didatangkan dari Mabes Polri, Polda Bali, Polda NTB, dan Polda Jawa Timur. 

“Spesifik yang digunakan anjing yang memiliki kemampuan lacak bahan peledak sesuai rencana operasi yakni melakukan sterilisasi,” ungkap Hari, di Bali, Rabu (15/5/2024). 

Hari menambahkan, puluhan anjing tersebut akan melakukan sterilisasi di tempat-tempat kegiatan para delegasi peserta KTT World Water Forum ke-10. Yang paling utama, kata perwira melati tiga ini, yakni tempat para tamu VVIP dan VIP. 

“Kegiatan utamanya bekerja sama dengan berbagai pihak terutama paspampres selama World Water Forum ke-10, utamanya sterilisasi di VVIP dan VIP,” ujar Hari. 

Baca juga: Polri Kerahkan 5.791 Personel, TNI hingga BIN Juga Bersinergi untuk Keamanan World Water Forum 2024

Para anjing K-9 dan juga 92 personil yang melakukan sterilisasi, lanjut Hari, telah ditempatkan di perbatasan, yakni Pelabuhan Ketapang, Gilimanuk, dan Pelabuhan Lembar, Lombok. 

“Penempatan satwa anjing K-9 dan personil sudah  berada di perbatasan untuk melakukan sterilisasi. Ini untuk membatasi gerak para pelaku yang bisa mengganggu kegiatan World Water Forum ke-10," imbuhnya.

Kendati bisa melacak bahan peledak, namun ia berharap tidak terjadi gangguan apa pun selama kegiatan World Water Forum ke-10 berlangsung. 

"Harapannya adalah kondisi di lapangan nanti bisa terlacak oleh K-9. Tentunya harapan keseluruhan aman, tidak harapannya adalah kondisi di lapangan nanti bisa terlacak oleh k-9. Tentunya harapan keseluruhan aman, tidak terjadi gangguan apa pun," pungkasnya. (*) 

Baca juga: Jelang KTT World Water Forum Bali 2024, Sinergitas BIN dengan TNI-Polri Siap Jamin Keamanan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat